BBI Kota Solok Terima Kunjungan dari Kota Serang

BBI Kota Solok Terima Kunjungan dari Kota Serang

Solok, (InfoPublikSolok) – Balai Benih Ikan (BBI) Sarasah Batimpo Kota Solok terus berbenah, selain berfungsi sebagai pusat pembenihan ikan di Kota Solok dan sekitarnya, BBI Kota Solok juga diharapkan berfungsi sebagai edu-minawisata yang artinya menjadi tempat belajar perikanan yang nyaman selayaknya tempat wisata alam.

Jika sebelum ini hanya tamu di seputaran Kota Solok yang berkunjung, maka pada tanggal 4 Desember 2018, BBI yang pernah menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia pada tahun 2011 ini, menerima kunjungan dari Rombongan Dinas Pertanian Kota Serang Provinsi Banten. Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Serang, H. Anis Surur, SH., M.Si. Yang didampingi oleh Kepala Bidang Perikanan, Ismet Yunani, SP., Kepala Seksi Produksi Perikanan, Supran, SE., MM, Kepala Seksi Bina Usaha Perikanan, Drs. Ayi Kusjiwa, M.Pd. beserta anggota rombongan yang berjumlah 22 orang.

Rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Solok yang diwakili Kepala UPTD BBI Kota Solok, Edi Haryanto, SP., MM. Turut hadir dalam penyambutan Kepala Seksi Data Informasi dan Pelayanan, Sabrianova Dairoza, SP., Kepala Seksi Penerapan Teknologi, Fathoni Abdillah, S.Pt., M.Eng. KTU UPTD BBI, Alva Yudha Satria, A.Md. dan penyuluh pada Dinas Pertanian Kota Solok.

Dalam sambutannya, Anis mengatakan bahwa Kota Serang berencana membangun BBI di wilayahnya, untuk itu perlu belajar dari BBI maju yang sudah ada di Indonesia, BBI Kota Solok adalah salah satunya. Kepala Dinas yang membawahi 5 bidang ini juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Pertanian Kota Solok, khususnya BBI Kota Solok yang telah menerima kunjungan ini.

Sementara Edi dalam ekspose menyatakan fasilitas yang ada di BBI Kota Solok sedang mengalami pembenahan setelah mengalami musibah banjir bandang pada akhir 2017. Salah satu yang paling terdampak adalah laboratorium, dimana di situ tepat perkawinan Ikan Patin. Untuk itu pada tahun 2018 ini benih ikan patin tidak dapat diproduksi akibat dari rusaknya laboratorium. BBI Kota Solok saat ini memproduksi 3 jenis ikan yaitu Nila, Mas dan Lele. Dimana pada tahun 2018 ini telah menghasilkan lebih dari 500 ribu benih ikan untuk ketiga jenis ikan tersebut.

“BBI Kota Solok saat ini membina 5 Unit Pembenihan Rakyat (UPR) dan hampir 30 Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang ada di Kota Solok. BBI yang diresmikan pada tahun 2009 ini juga bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan RI sedang mengembangan Minapadi seluas 16 Ha di Sawah Solok” Lanjut Kepala UPTD BBI yang belum genap setahun ini.

Setelah diadakan penyambutan di dalam ruangan, rombongan diajak berkeliling lokasi BBI. Peserta rombongan sangat terkesan dengan yang mempunyai luas total 2,5 Ha tersebut, walaupun dalam kondisi yang tidak ideal akibat banjir bandang namun masih dapat menghasilkan benih ikan dan dapat membina UPR dan Pokdakan yang ada di Kota Solok (fa).

Tags: , , , , , , ,