Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Gelar Lomba Pengelola Arsip

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok Gelar Lomba Pengelola Arsip

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaam dan Kearsipan Kota Solok mengadakan kegiatan Lomba Penilaian Pengelola Arsip OPD/Unit Kearsipan Tingkat Kota Solok, bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Senin (19/11/2018).

Kegiatan penilaian ini di ikuti sebanyak 52 orang peserta yang terdiri pengelola arsip dilingkungan Pemerintah Kota Solok, dasar untuk pelaksanaan kegiatan penilaian bagi pengelola arsip OPD/Unit kearsipan.

Kepala Dinas Perpustakaam dan Kearsipan Kota Solok diwakili Kabid Pembinaan dan Teknologi Informasi Hj. Ermis, SH dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini diharapkan memotivasi pengelola arsip OPD/Unit Kearsipan, dalam penataan dan pengelolaan arsipnya dengan memberikan penghargaan sebagai rasa terima kasih Pemerintah Kota Solok kepada Pengelola Arsip.

“Arsip merupakan informasi penting dan juga merupakan bukti pertanggungjawaban yang otentik, baik secara fisik maupun isinya. Oleh karena itu, arsip harus disimpan dengan baik dengan menggunakan suatu sistem yang dapat memudahkan dalam menyimpan dan menemukan kembali,” ungkap Ermis.

Tessa Stela Putri, SE Kasi Seksi Pembinaan  Lembaga dan  SDM Kearsipan menjelaskan “Sistem penilaian lomba mengacu pada ketentuan Undang Undang No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan. Lomba Pengelola arsip ini menjadi tolak ukur yang positif dalam melaksanakan tata kearsipan di tempat kerja masing-masing. Pada akhirnya kita jadi tahu bagaimana kondisi pengelolaan arsip dilingkungan Pemerintah Kota Solok,” jelasnya

“Pengelolaan arsip pada masing-masing OPD dilingkungan Pemerintah Kota Solok belum maksimal. Sejumlah faktor yang menyebabkannya, yaitu kurangnya sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan anggaran pengelolaan arsip. Di antaranya banyak petugas arsip yang merangkap tugas pokok lain sehingga tidak fokus pengarsipan yang baik,” ujar Reyhanni selaku pengelolaan arsip pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok. (kd)

Tags: , , ,