Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok Selenggarakan Sosialisasi Hak Politik Perempuan Ditinjau dari Hukum Islam bagi Organisasi Wanita Se Kota Solok

Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok Selenggarakan Sosialisasi Hak Politik Perempuan Ditinjau dari Hukum Islam bagi Organisasi Wanita Se Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok selenggarakan Sosialisasi tentang Hak Politik Perempuan Ditinjau dari Hukum Islam bagi Organisasi Wanita Se Kota Solok yang dilaksanakan pada hari Rabu (5/12), bertempat di Aula Kantor Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kota Solok.

Acara sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Solok Ny. Elfia Reinier, dengan menghadirkan narasumber DR. H. Muchlis Bahar, LC, M.Ag. Dosen Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang. Peserta pada acara sosialisasi adalah utusan dari Organisasi Wanita yang ada di Kota Solok.

Ny. Elfia Reinier dalam sambutannya mengatakan “Kegiatan Sosialisasi tentang Hak Politik Perempuan ditinjau dari Hukum Islam ini dapat memberikan motivasi dan kontribusi yang positif bagi Ibu-ibu nantinya. Semoga etos kerja Ibu-ibu yang hadir jauh lebih baik dan sempurna untuk menjalankan roda organisasi yang ibu pimpin baik dalam organisasi masyarakat maupun dalam keluarga” harapnya.

H. Muchlis Bahas, LC, M.Ag, dalam pemaparannya menjelaskan “Perempuan mempunyai hak politik untuk menjadi anggota parlementer/Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sama seperti laki-laki. Tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat adalah fungsi legislatif, budgeting dan controling dalam bahasa agama disebut dengan Amar Ma’ruf Nahi Mungkar. Perempuan berkewajiban menjalankan amar ma’ruf nahi mungkar sama seperti laki laki,” jelasnya.

Lanjutnya, “Orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan sebagian mereka menjadi penolong bagi yang lain, mereka menyuruh berbuat baik, melarang berbuat mungkar, mendirikan sholat, menunaikan zakat dan mentaati Allah dan rasul Nya, mereka akan diberi Rahmat oleh allah, Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana (At-Taubah : 71), ditegaskan dalam firman-Nya. Banyak pahlawan perempuan di indonesia yang memilih terjun ke dunia politik seperti Cut Nyak Dien, Cut Mutiah, Rasuna Said, Siti Manggopoh, Rohana Kudus dan Rahmah Elyunusiah”.

Hj. Darmijati sekalu Ketua Pelaksanan menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang hak politik wanita ditinjau dari hukum Islam, serta untuk menjalin silaturahmi antara organisasi wanita se Kota Solok. (mf)

Tags: , , , , , , , ,