Jurusan Kuliner SMKN 3 Solok Gelar Praktek Table Manner

Jurusan Kuliner SMKN 3 Solok Gelar Praktek Table Manner

Dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa jurusan kuliner, SMK N 3 Solok menggelar kegiatan praktek Table Manner. Pelaksana kegiatan ini adalah siswa kuliner Kelas XII dibawah bimbingan guru bidang studi. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Workshop Kuliner yang diikuti oleh 17 orang siswa dan 8 orang guru pembimbing, Sabtu (1/12/2018).

Pembimbing dan guru Kuliner SMKN 3 Solok, Ermy Rizky Barokah, S.Pd mengatakan kegiatan Table Manner ini merupakan bentuk ujian praktek akhir siswa kelas XII khususnya untuk mata pelajaran melayani makan dan minum.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini agar siswa kelas XII yang sebelumnya telah mendapatkan teori kompetensi keahlian tata boga dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata sekaligus memperkenalkan kepada siswa kelas XII mengenai gambaran Table Manner.

Ermy menjelaskan, Table Manner sendiri merupakan etika atau tata cara makan dalam jamuan makan formal. Kegiatan ini diambil sebagai bahan uji praktek siswa kelas XII, dikarenakan dalam proses persiapan, pengolahan sampai penyajian makanan dalam kegiatan ini mencakup semua materi produktif kuliner yang telah diajarkan kepada siswa kela XII.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, Efa Norita, S.Pd menyampaikan apresiasinya bagi siswa kelas XII sebagai pelaksana kegiatan dan harapannya agar kegiatan praktek ini dapat diikuti dengan serius dan sebaik-baiknya karena ini merupakan bentuk persiapan siswa dalam meningkatkan skill siswa dibidang kuliner.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 10.00 s/d 12.00 WIB ini disajikan beberapa hidangan Continental, mulai dari hidangan Appetizer, Maincourse, dan Dessert dengan menggunakan American Service.

Para peserta kegiatan juga diajarkan bagaimana cara menggunakan alat makan dan cara bersikap dalam menghadiri jamuan makan yang bersifat formal. (ta)

Tags: , , ,