Konsultasi Publik Rancangan Produk Hukum Daerah Kota Solok

Konsultasi Publik Rancangan Produk Hukum Daerah Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Demi meningkatkan pengetahuan masyarakat akan Produk Hukum di Kota Solok, Pemerintah Kota Solok melalui Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Solok mengadakan kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Produk Hukum Daerah Kota Solok dengan masyarakat yang di adakan pada hari Selasa (4/12) di Aula Kelurahan VI Suku Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok.

Konsultasi publik tersebut, menghadirkan 2 (dua) orang narasumber yakninya Tun Sri Adam, ST, M.Si, selaku Kabid Lingkungan Hidup dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok dan Alvian, SIP, M.Si selaku Kasi Tata Guna Tanah dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Solok, sebagai moderator adalah Feldy Jumairi, S.Hut, M.Si dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Solok.

Acara ini dibuka oleh Kabag Hukum dan HAM Setda Kota Solok yang diwakili oleh Alex Shindo, SH, MH, selaku Kasubbag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum. Acara ini juga dihadiri oleh utusan masyarakat sebanyak lebih kurang 60 orang dari berbagai kalangan masyarakat seperti LPMK, Bundo Kanduang, dan unsur masyarakat lainnya.

Pada kesempatan ini Tun Sri Adam, ST, M.Si memaparkan rancangan Peraturan Walikota (Perwako) Tentang Pengelolaan Sampah Plastik. Dalam pemaparannya Tun Sri Adam, ST, M.Si mengharapkan masyarakat tahu akan dampak negatif dan manfaat dari sampah plastik.

“Sampah Plastik adalah timbulan sampah yang berasal dari atau mengandung bahan dasar lateks, polyethylene, thermoplastic synthetic polymeric, atau bahan-bahan polimer sejenis lainnya. Sedangkan Pengelolaan sampah plastik adalah kegiatan yang sistematis, menyeluruh, dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah plastik” paparnya.

Tun Sri Adam, ST, M.Si juga menjelaskan tujuan dari pengelolaan sampah plastik ini adalah: a) Melindungi daerah dari pencemaran dan/atau pengrusakan akibat penggunaan produk dan/atau barang berbahan plastik; b) Menjamin keselamatan, kesehatan dan kehidupan masyarakat dari ancaman pencemaran dan/atau pengrusakan lingkungan hjidup akibat penggunaan produk dan/atau barang berbahan plastik; c) Menjamin terpenuhnya keadilan generasi sekarang dan generasi masa depan dari dampak lingkungan yang timbul dari sampah plastik, dan; d) Menjamin pemenuhan dan perlindungan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat bagi masyarakat yang dapat timbul akibat sampah plastik. “Pemerintah Kota Solok akan memberikan reward bagi masyarakat Kota Solok yang bisa memberikan manfaat dalam pengelolaan sampah plastik ini” Ujarnya.

Salah seorang warga yang bernama Firman Z Dt. Lelo Sutan dari Kel. Sinapa Piliang memberikan saran “Kiranya Pemko Solok tidak hanya memberikan reward kepada masyarakat yang berprestasi dalam mengolah sampah plastik tapi juga sanksi terhadap masyarakat yang berbuat salah dalam penggunaan bahan plastik” tanyanya.

“Rancangan Perwako ini tidak memuat sanksi, tapi sifatnya adalah himbauan kepada masyarakat, karena Perwako adalalah peraturan yang terendah di bawah Perda (Peraturan Daerah)” jawab Tun Sri Adam.

Sedangkan Alvian, SIP, M.Si memaparkan tentang Penyelenggaraan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). “IMB adalah perizinan yang diberikan oleh DPMPTSP atau Kecamatan kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan gedung sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku” paparnya.

Menjawab pertanyaan salah seorang masyarakat tentang bagaimana mengurus IMB untuk bangunan yang lama yang belum diurus IMB-nya, Alvian, SIP, M.Si menjelaskan “Buatlah gambar/denah rumah/bangunan lama tersebut, dan ajukan permohanan IMB kepada Dinas PUPR Kota Solok dengan mencantumkan keterangan di bawahnya bahwasanya ini adalah bangunan lama” jawabnya.

Juga dalam acara ini Kabag. Hukum dan HAM Setda Kota Solok yang diwakili oleh Alex Shindo, SH, MH, selaku Kasubbag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum mengatakan “Kami mengharapkan kepada utusan masyarakat yang hadir pada acara Konsultasi Publik ini agar dapat memberikan kritikan dan saran yang membangun dalam rancangan produk hukum daerah Kota Solok ini, yang mana bisa disampaikan langsung nantinya pada Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Solok” katanya. (mr)

Tags: , , , , , , , , ,