Pemko Optimis Implementasikan Solok Smartcity

Pemko Optimis Implementasikan Solok Smartcity

Solok, (InfoPubliksolok) – Smart City yang secara bahasa artinya Kota Pintar adalah suatu kota yang dibangun dan dikembangkan dengan berdasarkan kemajuan teknologi dan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan, keamanan, dan kenyamanannya di suatu kota. Semua aspek harus berkembang dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup penduduknya.

Dimulai dari fasilitas, mengingat kemajuan teknologi yang tiap harinya makin berkembang dan canggih, maka fasilitas bagi para penduduk Smart City harus berbasis teknologi yang moderen dan sistematis. Selain fasilitas, Smart City juga harus didukung dengan pelayanan masyarakat yang baik. Layanan kesehatan yang baik dan terpadu, layanan pendidikan yang hemat dan mencerdaskan kehidupan penduduknya dan masih banyak lagi layanan masyarakat lainnya yang harus diperbaiki. Semua hal itu tidak akan mudah terealisasikan apabila tidak didukung oleh semua pihak yang bersangkutan, baik penduduk maupun pemerintahnya.

Mengapa sebuah kota memerlukan konsep smart city yang terintegrasi ? Salah satu alasan utama adalah karena populasi manusia yang meningkat tajam. Diprediksi, jumlah penduduk dunia pada tahun 2050 akan menyentuh 8,5 miliar jiwa, yang mana 66%-nya adalah perempuan, dan 34% adalah laki-laki. Tahun 2015 saja, jumlah populasi dunia mencapai 6 miliar jiwa. Bayangkan, dalam kurun waktu sepuluh tahun, populasi bertambah 2,5 miliar.

Populasi yang meningkat mendorong lahirnya urbanisasi dari desa ke kota. Pertumbuhan urbanisasi dalam kurun waktu 64 tahun, dari tahun 1950-2014 mencapai 523%. Urbanisasi yang meninggi tentu saja melahirkan masalah urban atau perkotaan. Mulai dari sampah, edukasi, transportasi, sosial ekonomi, bencana alam akibat ulah manusia, dan kesehatan.

Belakangan ini cukup ramai terlihat sejumlah Gubernur, Bupati , Walikota, maupun industri serta komunitas diberbagai belahan nusantara yang secara sadar, bersemangat, dan kolektif mencanangkan misi pembentukan cyber province, cyber city, atau smart city di daerahnya masing-masing. Tentu saja hal ini patut disambut gembira oleh seluruh praktisi TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) di tanah air karena adanya keinginan untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai upaya meningkatkan daya saing daerah pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Pemerintah Kota Solok telah berkomitmen untuk mewujudkan Solok Smartcity, hal inilah yang telah mengemuka pada pembahasan awal bersama OPD, Brainstorming Smartcity yang langsung dibawah kendali Wakil Walikota Solok, Reineir, ST, MM dan Sekretaris Daerah, Rusdianto, S.IP, MM serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Susweni, SH.

Setelah kegiatan tersebut, hal ini dilanjutkan bersama masyarakat, karena tanpa dukungan dari seluruh masyarakat mewujudkan SSC akan menjadi percuma. Diskominfo dan Bappeda selaku leading sector yang bertanggung jawab saling bersinergi untuk terus mengawal semua kegiatan yang terkait dengan implementasi Solok menjadi Kota Cerdas.

Dalam rangka mempercepat proses kelengkapan data dukung sebagai bahan dalam usulan pendampingan program 100 Smartcity se-Indonesia, saat ini telah ada 75 Kabupaten/ Kota yang telah mendapatkan program tersebut dan tersisa 25 kuota lagi yang akan diperebutkan oleh 165 Kabupaten/ Kota.

Kota Solok menghadirkan Narasumber dari Pemko Padang Panjang, Ario Dian Pratama, ST. Dalam pemaparan singkatnya ia menjelaskan bahwa, “Banyak tahapan yang telah kami persiapkan dan dikembangkan oleh Pemko Padang Panjang karena memang hal tersebut merupakan persyaratan yang diminta oleh pihak Kementerian Kominfo RI, Smartcity kita tidak selalu berbicara mengenai teknologi namun SC tanpa Teknologi Informasi akan sulit mewujudkan SSC.”

“Dukungan Kepala Daerah itu mutlak sehingga semangat itu yang menular kepada seluruh OPD dan masyarakat sehingga ketika sebuah kebijakan diambil maupun inovasi yang akan Pemerintah terapkan mendapat dukungan dari seluruh elemen. Semangat inilah yang akan coba kami bagikan ke Kota Solok karena secara garis besar banyak kemiripan antara Kota Solok dan Padang Panjang,” ujar Kabid e-Gov dan TI Diskominfo Padang Panjang ini.

Sejak Selasa (12/2) pagi, tim pelaksana telah menyiapkan baik tempat maupun tim pembahas pada kegiatan One on One Clinic Smartcity dengan menghadirkan seluruh OPD. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Bappeda Kota Solok ini, tampak santai namun serius. Tim pembahas membuka sesi dengan memaparkan secara singkat mengenai kenapa kegiatan ini penting untuk dilakukan dan dasar pembahasan adalah kertas kerja dan analisis SWOT dari OPD yang sebelumnya telah dibagikan.

Selanjutnya isian inovasi yang menjadi usulan dari OPD serta kaitannya dengan rencana implementasi Solok Smartcity. Tampak peserta dibagi menjadi 3 tim dengan menghadirkan OPD sesuai jadwal yang telah dibagikan. Adu argumentasipun tak terhindarkan antara pembahas dan OPD, masing-masing pihak menjelaskan dokumen maupun data yang mereka miliki, hal ini membuat suasana cukup tegang namun ini dilakukan demi menghasilkan yang terbaik akhirnya suasana kembali mencair disamping Ario tampak juga berkeliling, ikut menyaksikan proses ini berjalan dan sesekali memberikan masukan pada tim. Pada hari pertama secara garis besar tim pelaksana telah mendapatkan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dan sebanyak 15 OPD telah memaparkan isian form masing masing.

Kegiatan ini berlanjut lagi pada hari ini (Rabu, 13/2), masih di tempat yang sama dan menghadirkan sekitar 15 OPD yang tersisa. Tepat pukul 8 pagi One on One Clinic hari kedua mulai berjalan. Pantauan awak Redaksi IPS kegiatan berjalan cukup lancar dan dibeberapa sudut masih terdengar diskusi yang cukup alot dan kegiatan ini berakhir pada pukul 17.30 WIB.

“Mewakili unsur Pimpinan kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama semua OPD dan tim pelaksana, besok semua dokumen yang ada akan kita rekap dan susun sesuai dengan tahapan smartcity, semoga apa yang telah kita lakukan ini akan memuluskan niat mewujudkan Solok Smart City,” tutup Susweni, SH. (redaksi ips)

Tags: , , , , , ,