Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi RBRA Taman Syech Kukut Kota Solok

Penilaian Standarisasi dan Sertifikasi RBRA Taman Syech Kukut Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Menindaklanjuti kegiatan pengembangan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) maka Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Deputi Tumbuh Kembang Anak melakukan penilaian standarisasi dan sertifikasi RBRA Taman Syech Kukut Kota Solok yang berlokasi di Pusat Kota Solok Jl. Sudirman Kelurahan Kampung Jawa, Kota Solok.

Persyaratan taman bermain anak yang ideal yaitu meliputi; lokasi yang menjamin keselamatan, keamanan dan kesehatan anak, menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi semua anak, menciptakan keharmonisan estetika visual dengan karakter kawasan di sekitarnya, memberikan kejelasan tentang fungsi peralatan permainan dan kekuatan konstruksinya serta Pengendalian perancangan taman bermain anak melalui keselamatan, kesehatan, kenyamanan, kemudahan, keamanan dan keindahan.

Dalam persiapan penilaian standarisasi dan sertifikasi RBRA Taman Syech Kukut, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Solok telah melaksanakan persiapan bersama Tim RBRA Kota Solok dengan melakukan pembenahan Taman Bermain Anak Syech Kukut.

Kegiatan penilaian standarisasi dan sertifikasi RBRA dilakukan selamadua hari (3 & 4 Desember 2018) oleh tim Penilai Standarisasi dan Sertifikasi RBRA. Kegiatan pada hari Senin dimulai dengan kunjungan lapangan ke Ruang Bermain Anak Taman Syech Kukut Kota Solok oleh tim penilai. Esok harinya digelar dialog dengan Wakil Walikota Solok didampingi oleh Kepala Dinas PPPA, Kabid PHA dan Data Dinas PPPA dan OPD terkait.

Dalam dialog tersebut, Wakil Walikota, Reinier menyampaikan, “Pemerintah bertanggung jawab memberikan dukungan sarana dan prasarana dalam penyelenggaran perlindungan bagi anak. Pemerintah Kota Solok akan berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana RBRA di Kota Solok secara bertahap,” ujar Reinier.

Ketua Tim Audit dari Kementerian PPPA, Hendy Tamara, dalam penilaiannya menyebutkan ada beberapa skor yang menentukan predikat Taman Bermain Ramah Anak Taman Syeh Kukut Kota Solok. Menurutnya, secara umum penentuan skor dibagi dalam beberapa tingkatan mulai dari Ruang Bermain Anak (RBA) Pratama dengan skor 178 sampai 190, RBA Madya dengan skor 191 sampai 205, RBA Nindya dengan skor 206 sampai 225, RBA Utama dengan skor 226 sampai 250. Kemudian skor paling tinggi RBRA yaitu 251 sampai 455.

Menurutnya, Penilaian dilakukan sebagai upaya pembenahan berbagai peralatan untuk kenyamanan dan keamanan anak, diberharapkan setelah ada penilaian Pemerintah Kota Solok bisa memelihara bahkan meningkatkan kelayakan fasilitas. (as)

Tags: , , , , , , ,