SMA Negeri 3 Solok Fasilitasi Pembuatan Naskah Soal USBNBK/USBNKP

SMA Negeri 3 Solok Fasilitasi Pembuatan Naskah Soal USBNBK/USBNKP

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional tahun pelajaran 2018/2019, SMA Negeri 3 Solok menjadi lokasi pusat pembuatan Soal Ujian Sekolah Berbasis Nasional Berbasis Komputer (USBNBK) dan Ujian Sekolah Berbasis Nasional Berbasis Kertas Pensil (USBNKP) bagi SMA di kota Solok.

Kegiatan pembuatan soal ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 11 s/d 13 Februari 2019 mulai pukul 07.30 wib hingga selesai. Dalam hal ini, tenaga perakitan dan pembuatan soal merupakan guru-guru pilihan yang berasal dari seluruh SMA di kota Solok.

Drs. Novid Azda. MM yang menjabat sebagai Koordinator pengawas SMA/ SMK Kota Solok, turut hadir mengunjungi kegiatan pembuatan soal ini pada Senin (11/2/2019) sekaligus mewakili Kepala Cabang Dinas Wilayah III Provinsi Sumatera Barat.

Dalam pengarahannya kepada guru-guru pembuat soal, Novid berpesan agar para guru membuat soal sesuai dengan kisi-kisi soal, transparan serta yang terpenting harus menjaga kredibilitas, karena ini adalah dokumen negara yang sangat dijaga kerahasiaannya.

Indra, S,Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum sekaligus mewakili kepala SMA Negeri 3 Solok, Eli Irmanita, S.Pd, yang pada kesempatan hari ini berhalangan hadir, mengatakan dipilihnya SMA Negeri 3 Solok menjadi pusat pembuatan naskah soal dikarenakan SMA N 3 memiliki empat ruangan laboratorium komputer yang masing-masing dilengkapi perangkat komputer yang representatif dan juga akses internet yang cukup baik dalam kegiatan pembuatan soal ujian berbasis komputer.

Indra juga mengatakan, hasil pengerjaan soal tersebut akan dikirim ke Propinsi secara online untuk melengkapi sebagian soal yang dikerjakan oleh tim Provinsi. “Persentasenya, 25 persen berasal dari daerah sisanya 75 persen soal dikerjakan oleh tim pembuat soal Propinsi,” jelasnya. (dp)

Tags: , , , ,