Tim Pidato Adat Kota Solok Ikuti Lomba Tingkat Pemuda Se-Sumbar

Tim Pidato Adat Kota Solok Ikuti Lomba Tingkat Pemuda Se-Sumbar

Solok, (InfoPublikSolok) – Tim pidato adat Kota Solok mengikuti Lomba Pidato Adat Tingkat Pemuda Se-Sumatera Barat Tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatera Barat.

Bertempat di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) Kota Padang Panjang, lomba berlangsung selama tiga hari (18 s/d 21 November 2018).

Tim Pidato adat Kota Solok berjumlah 5 orang yaitu Zikra Alhamda, Aulia Rahmat Sukri, Marjoni, Iksan Fauzi dan Bagus Hidayat. Pidato Adat Minangkabau yang akan dilombakan adalah ‘Pasambahan Makan Jo Maurak Selo’.

“Tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka menanamkan nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau terhadap Pemuda, ini merupakan lomba pidato adat pertama yang kita ikuti sejak terbentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga, karena sebelumnya kegiatan ini dibina oleh Dinas Pariwisata,” sebut Silvia Dianti, SH, Kepala Seksi Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kewirausahaan Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Solok.

“Dengan persiapan dan latihan yang dilakukan menjelang lomba, semoga tim Pidato Adat kota Solok mampu mencatat prestasi terbaik,” imbuhnya.

Diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Sumatera Barat untuk memperebutkan total hadiah sebesar Rp.14,5 juta, Piala Bergilir dan Piala Lepas. Pemuda yang mengikuti lomba pidato adat ini minimal berusia 17 tahun dan maksimal berusia 20 tahun.

“Lomba Pidato Adat ini membuat saya semakin cinta terhadap budaya Minangkabau. Banyak nilai-nilai kehidupan yang dapat saya pelajari dari pidato adat ini,” ungkap Aulia Rahmat Sukri salah satu tim pidato adat KotaSolok dari Kelurahan Tanah Garam. (ep)

Tags: , , ,