Valentine Day Tak Patut Dirayakan

Valentine Day Tak Patut Dirayakan

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebagai upaya membentengi generasi muda, pelajar, mahasiswa dan masyarakat  dari kegiatan yang bertentangan  dengan norma adat, sosial, budaya dan agama  yang akan berdampak akan terjadinya pergaulan bebas, perbuatan asusila dan kemaksiatan lainnya di tengah masyarakat.

Kantor Kementerian Agama Kota Solok mengeluarkan himbauan, dalam rangka mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah, maka diminta kepada generasi muda dan masyarakat muslim tidak terlibat dalam kegiatan Valentine. Seorang muslim dilarang untuk meniru-niru kebiasan orang-orang di luar Islam, apalagi jika yang ditiru adalah sesuatu yang berkaitan dengan keyakinan, pemikiran dan adat kebiasaan mereka.

Seperti yang disampaikan oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok, H. Afrizen, saat ditemui  oleh Humas Kankemenag Kota Solok di ruangannya, Rabu (13/02/2019). Afrizen menambahkan, terkait tentang imbauan tersebut, Kakankemenag telah menyosialisasikan kepada seluruh Perguruan Tinggi, Sekolah, Madrasah Negeri dan Swasta se-Kota Solok melalui surat edaran. Surat itu telah kami kirimkan ke semua satuan kerja Madrasah negeri dan swasta. Selain kami emailkan, juga kami sosialisasikan melalui sosial media whatsapp, ungkap Afrizen.

Afrizen juga mengatakan, Valentine jangan disalahgunakan untuk mengekpresikan kebebasan mencurahkan kasih sayang dengan cara-cara yang negatif.  Menurutnya, kasih sayang harus disalurkan tanpa melanggar norma agama. “Kasih sayang harus betul-betul lahir dan tumbuh dari niat yang suci dan mengikuti norma agama,” kata Afrizen.

Selain itu, kami harapkan siswa sebagai generasi muda, menghindari kegiatan yang tidak bermanfaat. Terlebih kegiatan yang tidak mencerminkan akhlak dan etika yang baik. Sebaliknya, peserta didik justru mengisi hari-harinya dengan melakukan aktivitas yang baik, seperti menanam pohon, olahraga, bersosial dengan masyarakat, dan sejenisnya, lanjut Afrizen. (hd)

Tags: , , ,