10 Koperasi Ikuti Program Pembinaan Koperasi Pola Syariah Selama 6 Bulan

10 Koperasi Ikuti Program Pembinaan Koperasi Pola Syariah Selama 6 Bulan

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perdagangan dan Koperasi, Usaha dan Kecil Menengah (DPKUKM) bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Syariah (STES) Manna wa Salwa Tanah Datar melaksanakan program pembinaan koperasi berpola syariah terhadap sejumlah Koperasi di Kota Solok.

Kerjasama ini dilakukan selama lima bulan dari bulan Juli – Desember 2022, Koperasi yang dilakukan pembinaan ini adalah KPRI SMPN 2, KPRI SMAN 1, KPRI SMAN 2, KPRI SMAN 3, KPRI SMKN 1, KPRI Kemenag, KPRI Bhakti Husada, KSU BKMT, KPRI Diperta, dan KPRI RSUD M. Natsir.

Setalah pendampingan selesai, beberapa Koperasi memulai langkah perubahan dari pola konvensional menjadi pola syariah. Perubahan ini dilakukan secara perlahan, maka dari itu DPKUKM mendampingi proses perubahan tersebut.

Berakhirnya pendampingan antara STES Manna wa Salwa dan DPKUKM Kota Solok ditutup secara resmi oleh Sekretaris DPKUKM, Hanif. Penutupan program dilaksankaan di aula kantor DPKUKM, Selasa (13/12). Turut diikuti oleh Kabid Koperasi Industri dan UKM, Budi Kurniawan. Turut dihadiri oleh pihak STES Manna Wa Salwa Dosen Perbankan, Nasvi, Dosen Akuntansi, Adi Prawira, Dosen Syariah, Yunimar serta perwakilan sepuluh koperasi yang dibina.

Sekretaris DPKUKM Kota Solok, Hanif mengatakan kegiatan pembinaan yang dilakukan selama 6 bulan ini berjalan lancar dan diakuinya koperasi yang dilakukan pembinaan pun sangat antusias untuk dikonversi ke pola syariah.

“Pemilihan koperasi ini berdasarkan beberapa kriteria. Saya berharap semoga ke depannya koperasi di kota yang dikenal sebagai Serambi Madinah ini seluruhnya berpola syariah sesuai dengan arahan Bapak Walikota Solok,” ungkap Hanif

Sementara itu, Kabid Koperasi, Budi Kurniawan menambahkan, selanjutnya pihaknya akan melakukan evaluasi hasil dari kegiatan ini, dan menentukan apakan tahun depan akan ada lagi kerjasama serupa. “Saya juga mengucapkan terimakasih kepada tim dari STES Manna wa Salwa selaku pendamping. Mari kita wujudkan Kota Solok menjadi kota koperasi syariah di Sumatera Barat,” ucapnya.

Tags: , ,