100 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis di GOR Tanjung Paku

100 Anak Ikuti Khitanan Massal Gratis di GOR Tanjung Paku

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kota Solok bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Solok dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kota Solok melaksanakan kegiatan Khitanan Massal Gratis untuk 100 orang anak dari keluarga kurang mampu, bertempat di GOR Tanjung Paku, Selasa (25/6/2019).

Acara ini dihadiri Walikota Solok yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, Kapolres Solok Kota, Ketua IDI Cabang Kota Solok dr. Helwi Nofira, Sp.OG (K), Kepala Kemenag Kota Solok, Para Kepala OPD serta undangan lainnya.

“Kegiatan Khitanan/ Sunatan Massal Gratis khusus untuk anak dari keluarga yang tidak mampu ini bersumber dari amal zakat masyarakat Kota Solok. Baznas berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Solok dan IDI Cabang Kota Solok, dan ternyata diterima langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Ketua IDI,” Kata Ketua Baznas Kota Solok AKBP (Pur) Zaini, SH dalam sambutannya ketika membuka kegiatan ini.

Zaini menambahkan, acara ini juga memberikan bingkisan berupa kain sarung, snack dan bantuan transportasi bagi anak yang akan di khittan.

Kepala Dinas Kesehatan dr. Hj. Ambun Kadri, MKM, mewakili Walikota dalam sambutannya mengatakan, khitanan massal ini merupakan suatu bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap keluarga kurang mampu yang ingin meng-khittankan anak laki-lakinya. Terlebih, kegiatan khitanan mengandung nilai ibadah dan kesehatan.

“Dalam Agama Islam, sunat itu wajib bagi laki-laki. Selain itu juga memiliki nilai pendidikan kesehatan untuk menjaga dari penyakit kelamin,” jelasnya.

“Dengan di-khitan, alat kelamin anak laki-laki akan lebih bersih dan sehat. Semoga dengan kegiatan ini dapat meningkatkan derajat kesehatan anak-anak kita sehingga menjadi sumber daya yang optimal kelak,” harapnya. (es)

Tags: , , , , , ,