1135 Santri MDTA Kota Solok Ikuti Ujian Akhir Bersama Nasional

1135 Santri MDTA Kota Solok Ikuti Ujian Akhir Bersama Nasional

Solok, (InfoPublikSolok) – Asisten Sekda Bidang Administrasi Umum, Muhammad, mewakili Walikota Solok secara resmi membuka penyelengaraan Ujian Akhir Bersama Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (UABN MDTA) tahun pelajaran 2018/2019 di SMPN 1 Kota Solok, Senin (8/4/2019). Turut hadir Kasi Pendidikan Agama Islam, Amril, Kabag Kesra, Heppy Dharmawan dan Ketua DPC FKDT Kota Solok, Afrizul beserta Pimpinan MDTA se-Kota Solok.

UABN MDTA di Kota Solok diikuti sebanyak 95 MDTA di Kota Solok dengan jumlah 1135 santri dan pelaksanaan ujian dibiayai oleh Pemko Solok.

Laporan Ketua Pelaksana DPC FKDT (Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah) Kota Solok, Afrizul mengatakan dasar pelaksanaan Kegiatan UABN MDA ini adalah UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional dan PP Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan.

Dilaporkan, penyelenggaraan Ujian Akhir Bersama Nasional Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Tahun Pelajaran 2018/2019 dilaksanakan secara serentak di Kota Solok selama lima hari dimulai tanggal 7 s/d 11 April 2019.

“Tujuan pelaksanaan UABN ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama bagi siswa MDTA sekaligus untuk dapat mengetahui sejauh mana proses belajar mengajar dapat berjalan dan sejauh mana pencapaian target penerapan kurikulum MDTA yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dapat terlaksana,” kata Afrizul.

Ujian tulis dilaksanakan selama empat hari menguji mata pelajaran Hadits, Fiqih, Bahasa Arab, Aqidah, Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam/Tarikh. Ujian tulis dilaksanakan di SMPN 1 dan SDN 05 Kampung Jawa dengan jumlah 36 lokal. Sementara ujian pratek dilaksanakan di 11 Masjid di Kota Solok, mengujikan Praktek Ibadah, Baca Al Qur’an dan Tahfidz.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Administrasi Umum, Muhammad berharap agar pelaksanaan ujian UABN ini dapat berlangsung dengan baik tanpa ada kendala dan hambatan, para santri dapat menjawab semua soal yang diberikan serta lulus dengan nilai memuaskan.

Sementara itu, H. Amril, dari Kemenag Kota Solok mengucapkan terima kasih kepada Pemko Solok yang telah memfasilitasi UABN MDTA, dikarenakan sementara ini Kota Solok merupakan satu-satunya daerah di Sumatera Barat yang memfasilitasi penyelenggaraan UABN MDTA. (bao)

Tags: , , , , ,