126 Orang Pengawas TPS, Siap Sukseskan Pilkada Kota Solok

126 Orang Pengawas TPS, Siap Sukseskan Pilkada Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 126 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) telah dilantik dan dipersiapkan untuk mengawasi masing-masing TPS (tempat pemungutan suara) pada Pilkada Kota Solok Tahun 2020. Pelantikan ini dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Kota Solok yang bertempat di D’Relazion, Kota Solok.

Pelantikan diadakan dua tahap yaitu sebanyak 58 orang PTPS se-Kecamatan Tanjung Harapan dilantik pada hari Minggu, 15 November Tahun 2020 dan 68 orang PTPS se-Kecamatan Lubuk Sikarah dilantik di pada hari Senin, 16 November 2020.

Pelantikan ini dilaksanakan oleh masing-masing Ketua Panwas Kecamatan, yaitu Nailus Sa’adah selaku Ketua Panwas Kecamatan Tanjung Harapan dan Andri Anas Ketua Panwas Kecamatan Lubuk Sikarah. selain pelantikan PTPS, di dalam kegiatan ini juga dilaksanakan Bimtek tentang tugas pokok dan fungsi PTPS dalam pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Kota Solok.

Ketua Bawaslu Kota Solok Triati, dalam arahannya saat mengahadiri pelantikan PTPS se-Kecamatan Tanjung Harapan menyebutkan bahwa PTPS adalah tonggak dari Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan Pilkada Tahun 2020 di Kota Solok.

Karena itu Ia berharap agar seluruh PTPS dapat menjalankan tugas dengan baik, menjaga integritas dan netralitas sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu/Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Kota Solok. Disamping itu Triati juga mengingatkan kepada seluruh PTPS agar tetap memperhatikan standar protokol kesehatan (Prokes Covid-19) dalam melaksanakan tugas-tugas pengawasan.

” Selamat saya ucapkan kepada seluruh PTPS yang telah dilantik hari ini, PTPS merupakan tonggak bagi Bawaslu dalam melaksanakan pengawasan pada hari H nanti yaitu pada Pungut Hitung di TPS, oleh sebab itu kami berharap kawan – kawan PTPS semua dapat bekrja Profesional, berintegritas dan menjaga netralitas penyelenggara” Sebut Triati, Minggu/15/11/2020.

Senada dengan itu, Anggota Bawaslu Kota Solok Budi Santosa dalam arahannya saat menghadiri pelantikan PTPS se-Kecamatan Lubuk Sikarah menyabutkan bahwa PTPS adalah ujung tombak dari Bawaslu untuk melaksanakan pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS pada tabggal 9 Desember 2020 nanti.

Oleh karena itu Budi mengintruksikan agar seluruh PTPS yang telah dilantik untuk mejaga netralitas, integritas serta dapat bekerja aktif dan proaktif dalam menyikapi kondisi dilapangan.

” PTPS adalam ujung tombak pengawasan pada Pilkada Serentak Tahun 2020 ini, oleh sebab itu harus mampu bekerja aktif dan proaktif menyikapi kondisi dilapangan” Imbuh Budi, Senin/16/11/2020. (si)

Tags: , , , , , , ,