127 Mahasiswa UNP Laksanakan PLK di 16 Sekolah SMA/SMK se-Wilayah III

127 Mahasiswa UNP Laksanakan PLK di 16 Sekolah SMA/SMK se-Wilayah III

Solok, (InfoPublikSolok) – 127 mahasiswa UNP (Universitas Negeri Padang) memenuhi Aula Solok Sakato SMKN 1 Solok menghadiri acara serah terima mahasiswa Praktik Lapangan Kependidikan (PLK) Universitas Negeri Padang (UNP) periode Juli–Desember tahun 2019.

Penyerahan mahasiswa PLK dilakukan oleh Kapus PPL LP3M UNP yang diwakilkan oleh DR. Ishak Azis, M.Pd kepada Kepala Cabang Dinas (Kacabdin) Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Wilayah III, Israr A., S.Pd, Selasa (23/7/2019).

“Mohon mahasiswa kami dibimbing melalui Guru Pamong yang akan ditunjuk nantinya di 16 sekolah SMA/SMK se-Wilayah III, Kota Solok, Kab. Solok, Kab. Solok Selatan. Jika nantinya mahasiswa PLK ini tidak mengikuti aturan yang berlaku di sekolah-sekolah tersebut, kami harapkan kepada Bapak/ Ibu Kepala Sekolah melalui Guru Pamongnya, agar tidak meluluskan PLK yang bersangkutan,” kata Ishak Azis menyampaikan sambutannya.

Ishak Azis menyerahkan secara simbolis dokumen 127 mahasiswa PLK tersebut kepada Israr. A, selaku Kacabdin Pendidikan wilayah III. Selanjutnya Kacabdin Pendidikan Wilayah III menyerahkan masing-masing dokumen mahasiswa tersebut kepada 16 Kepala Sekolah SMA/SMK se-Wilayah III.

Israr menyampaikan sudah selayaknya mahasiswa-mahasiswa PLK ini dibentuk menjadi seorang guru yang profesional dan bertanggung jawab terhadap pendidikan anak bangsa nantinya. UNP sebagai institusi pencetak para pendidik masa depan yang handal dan hebat serta mampu mengikuti perkembangan zaman.

“Mahasiswa PLK ini juga harus menyesuaikan dengan materi dan kurikulum yang saat ini diberlakukan di Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, apa yang mereka dapat di bangku kuliah belum tentu sama dengan kurikulum yang digunakan oleh sekolah saat ini. Jadi kepada kepala sekolah melalui guru pamong nantinya mohon dibimbing mereka menjadi calon-calon guru professional masa depan,” tuturnya.

Kota Solok merupakan kota strategis yang berada di tengah-tengah dua kabupaten di wilayah III. Oleh karena itu, Kacabdin Pendidikan menunjuk SMKN 1 Solok sebagai tuan rumah dalam acara tersebut.

Karena menurut Israr. A, SMKN 1 Solok sudah baik dalam pelayanannya dan sekolah yang representatif untuk menjadi tempat berkumpul saling berkoordinasi dan dapat dijadikan contoh bagi sekolah-sekolah lainnya, dan mereka harus belajar banyak dari sekolah ini.

“Guru-guru atau tim yang ditunjuk di sekolah ini saya lihat sudah solid dan saling bekerjasama untuk menjalankan dan mensukseskan sebuah kegiatan yang diselenggarakannya. Untuk para kepala sekolah lainnya, mari belajar dengan SMKN 1 Solok, bertanyalah, karena pada dasarnya saling berkomunikasi merupakan bentuk upaya kita untuk berbenah diri ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Novit Asda selaku koordinator pengawas SMA/SMK Kota Solok dalam sambutannya mengatakan dunia pendidikan saat ini memang sudah berkembang pesat dan mengikuti perkembangan zaman memasuki era perkembangan industri 4.0.

“Kita sudah menghadapi anak didik milenial, dan sudah sepantasnya juga kita menjadi seorang guru milenial yang mengikuti perkembangan zamannya. Jangan sampai guru-guru tertinggal jauh penguasaan teknologi dibandingkan anak didiknya. Guru-guru juga harus update kompetensi dan belajar setiap saat,” tuturnya. (as)

Tags: , , , , ,