13 Kelompok UPPKA Terima Bantuan Peralatan Usaha

13 Kelompok UPPKA Terima Bantuan Peralatan Usaha

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka mewujudkan norma keluarga kecil dan berkualitas melalui pembinaan ketahanan dan kesejahteraan keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok laksanakan pembinaan kelompok sekaligus penyerahan peralatan usaha bagi 13 Kelompok UPPKA yang ada di Kota Solok pada Kamis (24/11), bertempat di aula DPPKB Kota Solok.

Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (UPPKA) merupakan kelompok akseptor KB yang melakukan berbagai kegiatan usaha ekonomis produktif untuk meningkatkan pendapatan keluarga akseptor yang anggotanya terdiri dari akseptor KB (lestari, aktif dan baru), Pasangan Usia Subur (akseptor KB istirahat atau calon akseptor KB), serta warga masyarakat lainnya yang mempunyai peran serta dalam program KB dan ditetapkan berdasarkan musyawarah kelompok akseptor.

Tujuan dibentuknya kelompok UPPKA yaitu menumbuhkan jiwa wirausaha dengan mengajak keluarga memiliki produk usaha demi meningkatkan kemandirian perekonomian keluarga, memahami pentingnya berfikir inovatif, kreatif, adaptif dalam menjalankan usaha serta menumbuhkan cinta dalam memakai produk lokal.

Sebagai wujud dukungan terhadap usaha kelompok UPPKA yang ada di Kota Solok, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Solok telah memberikan bantuan berupa pemberian peralatan usaha yang mampu menunjang pelaksanaan kegiatan usaha kelompok tersebut.

Adapun jumlah kelompok UPPKA yang telah menerima bantuan peralatan usaha pada tahun 2022 ini adalah sebanyak 13 kelompok dari 47 kelompok UPPKA yang ada di Kota Solok, dengan 7 kelompok dari Kecamatan Lubuk Sikarah dan 6 kelompok dari Kecamatan Tanjung Harapan.

Pemberian bantuan peralatan usaha ini diberikan berdasarkan keaktifan kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok dan juga mengacu kepada frekuensi penerimaan barang tang telah diterima oleh masing-masing kelompok dari periode 2018 hingga 2021.

Acara Pembinaan Kelompok sekaligus Penyerahan Peralatan Usaha bagi Kelompok UPPKA ini dibuka langsung oleh Kepala DDPPKB Kota Solok, Ardinal, MKM, yang pada sambutannya berharap agar peralatan usaha yang diterima oleh kelompok dapat digunakan secara bersama sesuai kebutuhan anggota dan dapat bermanfaat kedepannya bagi perkembangan usaha kelompok maupun pribadi.

“Semoga dengan adanya bantuan peralatan usaha bagi kelompok UPPKA ini mampu memotivasi setiap anggota untuk berperan aktif mengajak masyarakat menjadi akseptor KB dan bersama-sama bersinergi menekan angka stunting pada anak-anak yang ada di Kota Solok dengan pemenuhan gizi seimbang melalui Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) sehingga Kota Solok nantinya dapat mewujudkan Keluarga Berkualitas dengan pertumbuhan penduduk yang seimbang,” tutup Ardinal. (orn)

Tags: ,