145 Siswa SMKN 3 Solok Ikuti Coaching PKL

145 Siswa SMKN 3 Solok Ikuti Coaching PKL

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 145 Siswa SMKN 3 Solok ikuti Coaching Praktek Kerja Lapangan (PKL) di gedung aula sekolah setempat. Coaching / Pembekalan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa kelas XI yang akan melaksanakan PKL periode 4 maret s.d 17 Agustus 2019.

PKL merupakan bentuk penerapan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMKN 3 Solok, dimana siswa selama 6 bulan akan melaksanakan proses pembelajaran di Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI). Pembekalan ini diikuti oleh siswa kelas XI yang berasal dari kompetensi keahlian Perhotelan, Tata Boga dan Tata Busana.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (18-21 februari 2019) ini dibuka oleh pengawas Pembina SMKN 3 Solok, Drs. Azmi, MM. Dalam sambutannya, Azmi berpesan kepada siswa agar menjaga etika dan kedisiplinan mereka ketika mereka melaksanakan PKL di DU/DI. Azmi juga menambahkan hendaknya program PKL ini dapat membangun karakter dan mental siswa untuk menjadi lebih mandiri dan berkompetensi sesuai dengan tuntutan di Dunia Kerja.

Sementara itu, mewakili Kepala SMKN 3 Solok, Desi  Marlisa, S.Pd selaku Wakil bidang Kurikulum mengimbau agar seluruh siswa yang akan melaksanakan PKL dapat bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, disiplin, tertib aturan di DU/DI serta menjaga nama baik sekolah.

Selama empat hari siswa akan dibekali dengan materi yang menunjang kegiatan PKL mereka nantinya. Pada hari pertama mereka mendapat materi mengenai etika dan etos kerja di DU/DI dengan narasumber yang berasal dari PHRI (Persatuan Hotel  Republik Indonesia), Syafroni Fallian, S.ST.Par. Hari kedua, dilanjutkan dengan Beauty Class dari Tim Wardah.

Pada hari ketiga, diberikan materi keagamaan dari Diki Asnur, S.Pd.I. dan hari terakhir, mereka mendapatkan materi komunikasi, tata karma dan etika kerja oleh Alfahriati, S.Pd, guru SMKN 9 Padang.

Selama pembekalan berlangsung siswa tampak masih bersemangat walaupun mengikuti kegiatan selama satu hari penuh. Mereka tampak menyimak dan mengikuti kegiatan demi kegiatan dengan sungguh-sungguh. (ta)

Tags: , , ,