150 Tokoh Masyarakat Terima Penyuluhan Pemilu dari Walikota Solok

150 Tokoh Masyarakat Terima Penyuluhan Pemilu dari Walikota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Wali Kota Solok, Zul Elfian menjadi pemateri pada kegiatan penyuluhan bagi Tokoh Masyarakat menghadapi Pilpres dan Pileg 2019, bertempat di Aula SMPN 5 Kota Solok, Kamis (20/3/2019) didampingi oleh Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Solok, Drs. Fidlywendi Alfi, Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil Handhika, S.Sos. MM dan Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, S.Pd serta dihadiri oleh peserta penyuluhan yakni 150 Tokoh Masyarakat yang berada di 13 Kelurahan se- Kota Solok.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Solok, Fidliwendy Alfi dalam laporannya mengatakan, penyuluhan ini merupakan wujud dari keinginan pemerintah daerah Kota Solok dalam upaya peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif yang akan digelar secara serentak pada tanggal 17 April 2019 yang akan datang.

“Kami mengundang para Tokoh Masyarakat dari Kelurahan dengan jumlah 150 orang yang diharapkan dapat berpartisipasi guna menyebarluaskan serta memberitahukan kembali kepada masyarakat mengenai pentingnya menggunakan hak pilih dan bagaimana mengupayakan pelaksanaan Pemilu secara baik dan benar, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum,” kata Kepala Kantor Kesbangpol.

Pada kesempatan ini, Walikota Solok, Zul Elfian bertindak selaku pemateri dengan tema Tokoh Masyarakat dan Pemilihan Umum.

Hak masyarakat untuk menggunakan suaranya harus ditunaikan secara bijak, selektif  dan cerdas, karena menggunakan hak pilih pada Pilpres dan Pileg tanggal 17 April 2019 itu merupakan bentuk tanggung jawab dan kepedulian kita terhadap kemajuan daerah dan bangsa,” tutur Wako Zul Elfian.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Solok, Asraf Danil Handhika, dengan tema materi Persiapan KPU Kota Solok Menghadapi Pemilu Tahun 2019 menjelaskan tentang Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Solok 2019, Surat Suara dan Tata Cara Pencoblosannya serta pelaksanaan Pemilu sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 dan Peraturan KPU.

Sedangkan Ketua Bawaslu Kota Solok, Triati, dengan tema materi Tokoh Masyarakat Kota Solok Menghadapi Pemilihan Umum 2019 menjelaskan tentang sanksi pidana pelanggaran pelaksanaan Pemilu yang dimulai dari tahapan pemutakhiran data pemilih, tahapan kampanye dan dana kampanye, tahapan pengadaan dan distribusi logistik serta tahapan pemungutan dan penghitungan suara.  (ai)

Tags: , , , , , ,