Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

3 Maret 2024

30 Pelaku UMKM Ikuti Bimtek Akses Permodalan

30 Pelaku UMKM Ikuti Bimtek Akses Permodalan

Solok, (InfoPublikSolok) – Fokus pemerintah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terlihat pada kebijakan dari pemerintah pusat sampai daerah yang sangat berpihak kepada pelaku UMKM, antara lain penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021 yang memberikan kemudahan perizinan, akses permodalan dan perlindungan bagi UMKM.

Pemerintah Kota Solok sangat mendorong pelaku UMKM untuk dapat mengakses permodalan, berbagai program dalam bidang akses permodalan semakin dipacu baik lembaga perbankan maupun non perbankan antara lain program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan program pemodalan dana bergulir.

Salah satunya, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM (DPKUKM) Kota Solok mengadakan Bimbingan Teknis Akses Permodalan bagi 30 pelaku UMKM di Kota Solok.

Acara Bimtek yang digelar di Aula Mami Hotel ini dibuka oleh Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra, didampingi oleh Sekretaris DPKUKM Hanif, Kabid Koperasi Industri dan UKM, Budi Kurniawan dan Penyuluh Perindustrian Muda, Dona Anggreni.  dari PT. PNM Cabang Sumbar , dan Bank Bri, Zulpakar, kegiatan di laksanakan di Mami Hotel, Kamis (13/10), menghadirkan narasumber praktisi perbankan Yulia Vitri Yohannes dari PT. PNM Cabang Sumbar dan Zulpakar dari BRI Cabang Solok.

Narasumber memberikan pembekalan materi tentang peningkatan pengelolaan keuangan, pembiayaan modal tanpa agunan, penanaman budaya menabung, kompetensi kewirausahaan, pengembangan bisnis, dan penjelasan tentang program permodalan melalui KUR.

“Saya mengimbau kepada pelaku usaha segera berbenah meningkatkan efisiensi dalam proses produksi dan manajemen usaha, meningkatkan daya saing produk, memupuk rasa kebersamaan dan menciptakan iklim usaha yang kondusif dengan harapan kita tidak tertinggal jauh dari daerah lain,” kata Wako dalam sambutannya.

Senada dengan Wawako, Sekretaris DPKUKM, Hanif, menyampaikan, pihaknya akan terus berupaya memperkuat daya saing UMKM di Kota Solok dan berharap kepada peserta untuk menyerap ilmu sebanyak-banyak dari narasumber yang dihadirkan agar bisa bermanfaat dan diterapkan pada usaha mereka.

“UMKM di Kota Solok saat ini berkembang cukup pesat, dengan kegiatan ini bisa menambah wawasan peserta dalam upaya mengakses permodalan. Kami dari DPKUKM akan selalu membina agar UMKM di Kota Solok tidak seumur jagung, hendaknya bisa berkembang dan maju dengan pesat,” harapnya. (ro)

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.