317 Siswa SMAN 2 Solok Ikuti USBNBK

317 Siswa SMAN 2 Solok Ikuti USBNBK

Solok, (InfoPublikSolok) – Sebanyak 317 orang siswa SMAN 2 Solok mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBNBK). Pelaksanaan ujian ini dilakukan dari tanggal 13- 26 Maret 2019.

Pelaksanaan ujian berbasis komputer ini terbagi dalam tiga sesi dengan memanfaatkan empat ruangan Labor TIK. Sesi pertama berlangsung dari pukul 07.30 s/d 09.30 WIB, sesi kedua dari pukul 10.00 s/d 12.00 WIB dan sesi ketiga pukul 13.30 s/d 15.30 WIB.

Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Gustimar, M.Pd, mengatakan, pelaksanaan ujian USBNBK ini untuk melihat dan mengukur sejauh mana tingkat pencapaian kompetensi siswa setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun di SMAN 2 Solok, dan juga untuk melihat efektifitas pelaksanaan ujian berbasis komputer.

“Walaupun secara infrastruktur sarana dan prasarana kami masih kekurangan komputer tapi kami siap mensukseskan pelaksanaan USBNBK sampai ke pelaksanaan UNBK bulan April mendatang,” ujarnya pada hari pelaksanaan USBNBK di SMAN 2 Solok, Rabu (13/3) yang lalu.

“Namun, kekurangan sarana komputer dapat diatasi dengan melakukan peminjaman ke sekolah lain serta meminjam laptop guru dan juga laptop siswa,” lanjutnya.

Adapun mata pelajaran yang diujikan selama dua belas hari pelaksanaan ujian ini adalah sebanyak 14 mata pelajaran. Ini mengartikan bahwa dalam satu hari, siswa hanya mengikuti satu mata pelajaran yang diujikan, kecuali pada dua hari terakhir siswa mengikuti dua mata ujian. Pengawas ruang ujian adalah pengawas silang yang berasal dari guru-guru sekolah lain.

Disisi lain, pelaksanaan ujian ini untuk melatih siswa dalam menghadapi UNBK awal bulan April mendatang sehingga mereka sudah siap secara mental maupun menguasai materi serta terbiasa menghadapi soal di depan komputer.

Dengan adanya ujian ini diharapkan siswa tidak gagap dan gugup lagi dalam menghadapi ujian-ujian berbasis komputer karena untuk masuk perguruan tinggi tahun ini pelaksanaan ujiannya berupa Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). (tn)

Tags: , , , ,