50 Siswa Kelas Tengah MTsN Ikuti Simulasi ANBK

50 Siswa Kelas Tengah MTsN Ikuti Simulasi ANBK

Solok, (InfoPublikSolok) – Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Solok Plt. Kasi Pendidikan Madrasah (Penmad), H. Amril, melaksanakan monitoring pelaksanaan pada hari kedua Simulasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), dilaksanakan di MTsN Kota Solok, Selasa (9/8).

Dalam kesempatan monitoring, H. Amril menyampaikan ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Selanjutnya, Kepala MTsN, Ifa Yetriani mengatakan penilaian ANBK dilakukan berdasarkan kemampuan dasar peserta didik madrasah seperti literasi, numerasi, dan karakter, maka simulasi dilaksanakan agar peserta didik bisa mengikutinya nanti dengan baik saat pelaksanaan Utama ANBK di bulan September 2022.

Kegiatan monitoring dan evaluasi bertujuan untuk memastikan kegiatan simulasi ANBK di MTsN Kota Solok berjalan dengan lancar, aman dan tidak ada kendala.

Simulasi ANBK diikuti 50 orang siswa kelas tengah yang dipilih secara acak oleh system dari data EMIS. Simulasi dilaksanakan dengan tiga sesi. Setiap sesi memakai waktu satu setengah jam dan diikuti oleh 15 orang siswa dan 5 orang siswa cadangan. Pelaksanaan Simulasi ANBK dilaksanakan dengan cara semi online dan tes-nya meliputi tes literasi dan tes numerasi.

Simulasi dilaksanakan dua hari. Hari pertama Literasi dan hari kedua Numerasi pada hari kedua meliputi sub tes latihan, sub tes kedua, Numerasi dan sub tes ketiga Survei Lingkungan Belajar yag dilaksanakan oleh peserta didik MTsN.

Lebih lanjut, kegiatan ANBK dilaksanakan tiga gelombang, gelombang pertama simulasi, gelombang kedua gladi resik dan gelombang ketiga pelaksanaan utama. Pada saat gladi resik baru penetapan nama peserta didik yang telah ditetapkan untuk ikut di dalam pelaksanaan ANBK Utama di bulan September 2022.

Terakhir H. Amril meninjau proyek pembangunan infrastruktur yang sedang dilaksanakan di MTsN Kota Solok yang bersumber dari dana bantuan SBSN. (helda/noval)

Tags: ,