Mendorong Kreatifitas Siswa dengan Pelatihan Menulis Kreatif

Mendorong Kreatifitas Siswa dengan Pelatihan Menulis Kreatif

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok menyelenggarakan pelatihan menulis kreatif bagi siswa SD dan SMP se-Kota Solok, Sabtu (12/3/2022) Bertempat di ruang Layanan Anak Perpustakaan Umum Kota Solok.

Peserta terdiri dari siswa kelas 4 s/d 6 SD. Usia kelas 4 sampai dengan kelas 6 SD ini dipilih karena pada usia tersebut mereka sudah memiliki cukup banyak kosakata sehingga bisa dilatih menulis.

Seiring dengan masuknya anak ke Sekolah Dasar, maka kemampuan kognitifnya turut mengalami perkembangan yang pesat. Karena dengan masuk sekolah, berarti dunia dan minat anak bertambah luas, dan dengan meluasnya minat maka bertambah pula pengertian tentang manusia dan objek-objek yang sebelumnya kurang berarti bagi anak.

Dalam keadaan normal, pikiran anak usia sekolah berkembang secara berangsur-angsur. Kalau pada masa sebelumnya daya pikir anak masih bersifat imajinatif dan egosentris, maka pada usia sekolah dasar ini daya pikir anak berkembang ke arah berpikir konkrit, rasional dan objektif. Daya ingatnya menjadi sangat kuat, sehingga anak benar-benar berada dalam suatu stadium belajar.

Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Karmaini, S. Sos mengungkapkan pelatihan menulis kreatif ini diadakan bertujuan untuk mendorong dan menyalurkan minat dan bakat siswa dalam menulis, sehingga dapat memacu kreatifitas siswa untuk berkarya.

“Pelatihan menulis kreatif ini dengan narasumber yang didatangkan dari komunitas pendongeng dan pegiat literasi Sumatera Barat Niki Martoyo, S. Pt, dilaksanakan untuk mendorong dan menyalurkan minat dan bakat siswa dalam siswa,” ujar Karmaini.

Materi pelatihan menulis kreatif tersebut mangajak para peserta mendeskripsikan emosi dengan cara memberikan kertas bergambar ke para siswa dan meminta mereka menulis dan membuat sebuah cerita berdasarkan gambar yang mereka terima, dan tulisan yang dihasilkan peserta pelatihan menulis kreatif ini akan dirangkum untuk dijadikan sebuah cerpen atau novel.

“Diharapkan dari penyelenggaraan pelatihan menulis kreatif ini dapat melahirkan penulis-penulis muda yang berbakat dari Kota Solok dan dari penulis tersebut bisa menghasilkan karya-karya yang berkualitas,” harap Karmaini. (ji)

Tags: