Peserta Didik Baru SMKN 1 Solok Ikuti MPLS dan Bridging Course

Peserta Didik Baru SMKN 1 Solok Ikuti MPLS dan Bridging Course
DCIM100MEDIADJI_0026.JPG

Solok, (InfoPublikSolok) – 536 Peserta Didik Baru SMKN 1 Solok  berhasil lolos dari penyaringan seleksi PPDB tahun pelajaran 2019/2020. Peserta didik baru tersebut telah lolos dari 3 tahap seleksi PPDB yaitu tahap offline (jalur prestasi dan anak dari GTK/Guru dan Tenaga Kependidikan) 6 orang, jalur online tahap I sebanyak 523 orang dan online tahap II sebanyak 7 orang.

Dalam Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini, peserta didik baru diberikan materi pengantar yang dinamakan Bridging Course yang berfungsi untuk menjembatani materi pelajaran di SLTP dengan materi yang akan dipelajari di SMK nantinya. Mapel yang dipilih dalam Bridging Course adalah dari pelajaran umum yaitu; Bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Selain materi Bridging Course dari mapel umum peserta didik juga diberikan materi tambahan yang berkaitan dengan adat-istiadat budaya minang kabau, Ibadah, kesehatan, motivasi belajar serta pemantapan disiplin dalam baris berbaris dan tata upacara sipil.

Kesemua materi yang diberikan dalam Bridging Course tersebut melibatkan dan bekerjasama dengan pihak dari luar institusi SMKN 1 Solok seperti sumbang duo baleh, makan bajamba disampaikan oleh KAN Kota Solok, baris berbaris dan tata upacara bekerjasama dengan pelatih dari Kodim 0309 Solok.

Dalam upacara bendera hari pertama sekolah dan sekaligus upacara pembukaan MPLS tahun pelajaran 2019/2020 pada hari senin 15 Juli 2019, kepala SMKN 1 Solok Drs. Efizal Arifin menyampaikan dalam amanatnya; “Seluruh siswa-siswi yang hadir saat ini selamat datang di SMKN 1 Solok bagi peserta didik baru dan selamat bergabung dengan kakak-kakak kelas XI dan XII pada tahun pelajaran 2019/2020. Kepada kakak-kakak kelas XI dan XII baik yang naik tingkat ataupun mengulang ditingkat yang sama, jadikan semester lalu sebagai dasar evaluasi dalam meningkatkan motivasi dan prestasi dalam belajar”, pesannya.

Lanjutnya, “Untuk peserta didik baru yang pada hari mulai melaksanakan MPLS manfaatkan kegiatan ini untuk mengenal sekolah baru kalian, untuk mengenal guru, pegawai dan seluruh warga sekolah ini, mengenal serta memahami materi kejuruan yang telah kamu pilih sewaktu mendaftar. Tak kenal maka tak saying, tak saying maka tak cinta, oleh karena itu cintai jurusan mu dan cintai SMKN 1 Solok sebagai tempat kamu menuntu ilmu”. Kepala Sekolah membuka MPLS dengan mengalungkan kokarde secara simbolis kepada lima orang perwakilan peserta didik baru.

Dalam pelaksanaan kegiatan MPLS ini dijadwalkan mulai dari tanggal 14 – 20 Juli 2019, dimana dalam jadwal tersebut dua hari digunakan untuk pemantapan baris berbaris yang bekerjasama dengan Kodim 0309 Solok untuk menanamkan karakter disiplin dalam kehidupan sehari-hari baik lingkungan disekolah maupun dilingkungan masyarakat yang akan bermanfaat nantinya.

Kemudian pada sabtu 20 Juli 2019 sebelum penutupan MPLS, seluruh peserta didik baru ini mendapat suguhan dari penampilan kakak kelas sebagai bukti eksistensi dari kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMKN 1 Solok, sehingga nantinya mereka dapat memilih kegiatan ekskul yang sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing. Ekskul SMKN 1 Solok yang terdiri dari sanggar seni, olah raga, organisasi, dan keagamaan.

Dalam kegiatan penutupan MPLS, salah satu peserta dihadapan Kepsek SMKN 1 Solok menyampaaikan pesan dan kesannya selama mereka mengikuti kegiatan ini menyampaikan, “Kami sangat antusias dan senang dalam mengikuti kegiatan ini, saya pribadi merasa puas diterima disekolah pilihan saya ini dan  memilih jurusan BDP. MPLS selama satu minggu ini sangat bermanfaat bagi kami dan jika memungkinkan kiranya Bapak Kepala Sekolah mau menambah kegiatan MPLS ini, sehingga kami benar-benar yakin untuk sekolah disini dan tidak salah pilih”, ujar Andis, salah satu peserta didik baru yang berasal dari SLTP Negeri 3 Tigo Lurah memilih jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.  (as)

Tags: , , , , , ,