UPTD Metrologi Legal Kota Solok Tera ulang di SPBU

UPTD Metrologi Legal Kota Solok Tera ulang di SPBU

Solok, (InfoPublikSolok) – Untuk melindungi kepentingan umum melalui jaminan kebenaran pengukuran dan adanya ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukuraan, standar ukuran, metode pengukuran, dan alat alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya. Dinas Koperasi, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (DPKUKM) Kota Solok melalui UPTD Metrologi Legal melakukan pengujian tera ulang pompa ukur Bahan Bakar Minyak (BBM) Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Tim yang di pimpim langsung Kepala DPKUKM Kota Solok Bujang Putra yang didampingi oleh Sekdis Mailove Zusmita, Kepala UPTD Metrologi Kota Solok Roni Syahputra. Melakukan tera ulang terhadap pompa ukur BBM SPBU 14.273.545, PT. Pandan Jauh yang beralamat di Pandan Ujung Kota Solok, Kamis (20/02).

Kadis juga menghimbau kepada pelaku usaha agar sadar bahwa tera ulang harus dilakukan rutin dan berkala sesuai aturan perundang-undangan dan beliau juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengisi BBM di SPBU yang sudah bertanda tera ulang sah, guna menghindari keraguan terhadap BBM yang diperoleh.

Pengujian dilakukan dengan mengukur ulang/pengujian menggunakan Bejana Ukur Standar (BUS) 20 Liter untuk memastikan takaran sesuai dengan hasil tera ulang dan mengacu pada nilai ambang batas yang telah di tentukan. “Kalau di luar ambang batas akan kita sesuaikan”, jelas Bujang.

Kepala UPTD Metrologi Kota Solok mengatakan kegiatan ini dilakukan secara berkala 1 (satu) Tahun sekali untuk mengetahui kebenaran ukuran terhadap alat ukur pada pompa ukur BBM. “Tera ulang dialakukan untuk melindungi konsumen agar mengetahui hasil kebenaran hasil alat ukur tersebut, sehingga konsumen tidak dirugikan,” ungkap Roni.

Dari hasil tera ulang yang dilaksanakan oleh petugas, didapatkan hasil bahwa alat ukur pada SPBU tersebut masih berada dalam batas toleransi sehingga diberi tanda tara ulang sah dan di segel sesuai ketentuan yang berlaku.(ts)

Tags: , , , , , , , , , , ,