BPBD Ikuti Apel Gabungan Gelar Pasukan Bersama TNI, Polri dan Damkar Kota Solok

BPBD Ikuti Apel Gabungan Gelar Pasukan Bersama TNI, Polri dan Damkar Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok ikuti kegiatan Apel Gabungan dalam rangka gelar pasukan yang diadakan di lapangan upacara Kodim 0309/Solok, Selasa (19/3/2019) pagi.

Kegiatan apel gabungan gelar pasukan yang diikuti oleh personil TNI, Polri, BPBD dan Damkar Kota Solok dipimpin oleh Komandan Apel, Kasdim Mayor Infanteri Arioko.

Kota Solok merupakan salah satu Kota yang rawan terjadi bencana alam seperti bencana gempa bumi, longsor, banjir, angin kencang kebakaran hutan dan bencana-bencana lainnya. Untuk menghadapi bencana tersebut diperlukan kesiapsiagaanan dalam penanggulangan bencana serta mengurangi risiko dampak bencana. Mengingat Kota Solok merupakan Kota yang dilewati jalur patahan semangka sehingga tidak menutup kemungkinan bencana gempa dapat terjadi kapan saja.

“Sebagai insan kebencanaan diharapkan Seluruh instansi dapat bersinergi dan menjalin komunikasi, dalam amanatnya beliau juga menyampaikan apabila terjadi kejadian bencana berdasarkan instruksi kepala BNPB, kepala daerah dapat langsung menugaskan TNI untuk membantu dalam tanggap darurat”, jelas Kasdim.

BPBD Kota Solok mengutus satu regu untuk melaksanakan apel gelar pasukan. Tidak hanya itu, BPBD Kota Solok turut membawa dua buah mobil yang dilengkapi dengan perlengkapan kesiapsiagaan seperti perahu, pelampung, chainsaw, helm dan lain sebagainya yang dapat digunakan dalam penanggulangan bencana.

Tujuan dari apel gabungan ini adalah untuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Dalam kesiapsiagaan penanggulangan risiko bencana diperlukan sinergi. Perlengkapan dan peralatan untuk penanggulangan bencana harus selalu siaga dan dilakukan pengecekan berkala agar perlengkapan selalu berada dalam kondisi yang baik dan aman.

Tidak hanya itu alat komunikasi yang digunakan sebaiknya berada pada frekuensi yang sama, sehingga informasi yang masuk akan langsung diketahui oleh pihak-pihak yang lainnya. Selain itu, Personil TNI, Polri, BPBD dan Damkar Kota Solok diminta untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam penanggulangan bencana. (aw)

Tags: , , , , , , , ,