Ada yang Baru di Sistem PPDB Online 2019

Ada yang Baru di Sistem PPDB Online 2019

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Solok, Hj. Inna Wahyuningsih, S.Pd, MM mengatakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online 2019 akan menggunakan sistem zonasi.

Syarat PPDB 2019 adalah jarak dari rumah ke sekolah bukan nilai rapor dan ujian nasional (UN). Peraturan zonasi ini sudah diperkuat melalui Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang PPDB.

“Aturan Penerimaan Peserta Didik Baru 2019 di antaranya adalah calon peserta didik diberi kesempatan memilih salah satu dari tiga jalur yakni Jalur Zonasi dengan kuota 90 persen, dan diprioritaskan yang rumahnya dekat sekolah. Sedangkan, Jalur Prestasi dengan kuota 5 persen serta Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua (PNS, TNI dan Polri) dengan kuota 5 persen, didasarkan pada perpindahan tugas/ mengikuti tempat bekerja orang tua calon peserta didik,” jelasnya.

Ketika ditanyakan kenapa harus pakai sistem zonasi, Inna mengatakan tujuannya adalah supaya tidak ada lagi diskriminasi di lingkup sekolah, supaya obyektif, akuntabel, transparan, dan juga berkeadilan. Manfaat lainnya yaitu mengembangkan skill pembelajaran abad 21, seperti kolaborasi, komunikasi, kreatifitas dan berpikir kritis.

Pendaftaran secara online dan verifikasi berkas dimulai pada Senin, 17 Juni 2019 dan berakhir pada Rabu, 19 Juni 2019. Pengumuman hasil seleksi PPDB akan diumumkan pada Kamis, 20 Juni 2019.

Pengumuman hasil seleksi PPDB dapat dilihat di kolom Cek Hasil Seleksi pada website: ppdb.solokkota.go.id

Selanjutnya, pendaftaran ulang bagi calon peserta didik baru yang diterima akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Juni 2019.

Sementara itu, untuk pengumuman kelulusan pelajar tingkat SMP di Kota Solok, kata Inna, baru dilaksanakan pada Rabu 29 Mei 2019 lalu pada pukul 22.00 WIB, sedangkan untuk pengumuman kelulusan tingkat SD pada 12 Juni mendatang. (rpe)

Tags: , , , ,