Batang Lembang Meluap, Koto Panjang Kembali Terendam Banjir

Batang Lembang Meluap, Koto Panjang Kembali Terendam Banjir

Solok, (InfoPublikSolok) – Puluhan rumah di kawasan Kelurahan Koto Panjang, Kota Solok terendam banjir setinggi 30 – 50 cm karena hujan deras serta tersumbatnya drainase, Hujan deras yang mengguyur sejak petang ini, menyebabkan meluapnya air Sungai Batang Lembang yang telah merendam puluhan rumah warga di bantaran sungai. Selasa (18/02/2020).

Lurah Koto Panjang, Ade Chandra Yuda mengatakan, “Hujan deras yang mengguyur Kota Solok pada saat ini menyebabkan meningkatnya debit air dan merendam puluhan rumah di tiga RW Koto Panjang.” Tercatat sebanyak 48 kepala keluarga berada di Kelurahan Koto Panjang yang ikut terkena dampak banjir. Hingga saat ini, beberapa korban banjir terpaksa mengungsi di gedung serbaguna Koto Panjang.

Menurut salah seorang warga dan Ketua RT 2, air sudah mulai menggenangi rumah pada pukul 02.00 WIB. PAda saat itu, warga sudah mulai melakukan antisipasi dan tetap terjaga agar tidak kecolongan banjir yang bisa menimbulkan korban jiwa,

Sementara itu, Wakil Gubernur, Wali Kota beserta Wakil Wali Kota Solok, Camat Tanjung Harapan dan Ketua LPMK langsung meninjau lokasi untuk melihat dampak dari banjir. Pemerintah yang turun ke lapangan meminta kepada bantuan kepada petugas BPBD untuk siaga di lokasi yang terkena banjir, petugas harus saling bergantian dalam mengawasi warga.

Pemerintah Kota Solok juga menginstruksikan kepada petugas BPBD untuk menginventarisir kerusakan yang disebabkan banjir kali ini dan meminta agar masyarakat dapat mengikuti instruksi dari petugas bila sewaktu-waktu kondisi air Sungai meningkat.

Setelah melakukan tinjauan di Kelurahan Kota Panjang, Pemerintah Kota Solok juga meninjau lokasi lainnya yang terkena dampak banjir.

Petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD dibantu oleh Tagana, Dinas Kesehatan, Babinkamtibnas, Babinsa, PMI dan Dinas Sosial setempat mendirikan dapur umum yang berguna untuk menyalurkan makanan bagi korban banjir. (da)

 

Tags: , , , , , , , , ,