Akibat Digunakan Sebelum Waktunya Jalan Tembok-Laing Alami Pengapuran

Akibat Digunakan Sebelum Waktunya Jalan Tembok-Laing Alami Pengapuran

Jalan Tembok-Laing

Solok, – Walaupun pembangunan jalan Tembok-Laing kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan dengan teknik beton bertulang sudah selesai sesuai kontrak, namun terpaksa dilakukan tambal sulam kembali oleh rekanan lantaran terjadinya pengapuran dibagian permukaan jalan tersebut .

Pengapuran permukaan jalan sepanjang 1 Km itu terjadi dipertanyakan masyarakat dan berbagai pihak karena biaya untuk pembangunan jalan beton bertulang sangat besar dibanding dengan aspal hotmix. Namun setelah beberapa minggu dilalui kendaraan ternyata permukaan mengelupas seperti kurangnya kualitas pekerjaan.

Wah…wah..sudah selesai dibangun kok malahan mengelupas permukaan. Apa rekanan yang mengerjakan tidak punya skill tentang pembangunan beton bertulang? Pada hal jalan itu cukup ramai dilewati kendaraan, baik kendaraan sedang dan kendaraan berat,komentar beberapa sumber di lapangan.

Kepala Dinas PU Kota Solok melalui kepala bidang bina marga Tular Setiyo Budi kepada info publik di kantornya Senin(10/1) membenarkan kalau permukaan jalan Tembok-Laing itu mengelupas. Terjadinya pengapuran dipermukaan bukan karena kualitas pembangunan yang kurang baik, melainkan tidak disiplinnya pemakai jalan.

Jalan tersebut harusnya 21 hari setelah dicor beton disterilkan dan tidak boleh dilalui kendaraan, untuk mengantisipasinya sudah dibuat pita pembatas agar kendaraan tidak boleh menginjaknya, namun entah mengapa, pita itu putus dan belum cukup masa sterilnya sudah dilalui kendaraan roda empat.

Akibatnya, permukaan jalan mengelupas dan terjadi pengapuran, pada hal dari segi kualitas dan bahan yang digunakan cukup mahal, pemilik kendaraan dan masyarakat tidak sabar menunggu sampai 21 hari, apalagi waktu itu setelah lebaran dimana orang libur dan rekanan juga istirahat. Kesempatan itu dimanfaatkan pemilik kendaraan membuka pembatas sehingga kendaraan bebas melaluinya, jelas Tular Setiyo Budi.(Alfian)

Tags: