Aktivasi Rekening dan Kartu ATM Program Bantu LU

Aktivasi Rekening dan Kartu ATM Program Bantu LU

Solok, (InfoPublikSolok)  Dalam rangka mendukung program kerja Pemerintah, Dinas Sosial Kota Solok melakukan aktivasi rekening dan kartu ATM guna pencairan bantuan Program Bantuan Bertujuan Lanjut Usia (Bantu Lu) dari Kemeterian Sosial Republik Indonesia bertempat di Kantor BNI Cabang Solok, Selasa (3/9/2019).

Bantu Lu merupakan program bantuan untuk pemenuhan kebutuhan pokok lanjut usia berupa uang yang bersumber dari dana APBN bagi 30 orang penerima manfaat. Untuk pencairannya, Dinas Sosial Kota Solok berkerjasama dengan Bank BNI kota Solok. Besaran bantuan yang diberikan sebesar 200 ribu dengan total 2,4 juta pertahunnya.

Aktivasi rekening tersebut dihadiri oleh Rahmad Budi Setiawan, Kasi Rehabilatsi Sosial Dinas Sosial, Bayu Arista Putra, Asisten kepala bagian E-Banking Bank BNI Kota Solok, dan Lansia  penerima bantuan.

Asisten kepala bagian E-Banking Bank BNI Kota Solok menyampiakan ucapan terima kasih atas kepercayaan Dinas Sosial Kota Solok kepada Bank BNI dan sangat mendukung program Bantu Lu. “Semoga Bank BNI jadi kepercayaan Pemko Solok untuk kegiatan selanjutnya.” tutur Bayu.

Rahmad menjelaskan bahwa program Bantu Lu merupakan transformasi dari Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (Aslut) dengan adanya perubahan target sasaran dari lanjut usia terlantar menjadi lansia tidak potensial pada Direktorat Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia, Kemeterian Sosial Republik Indonesia.

“Sasaran Bantu LU diperuntukkan bagi lansia yang berusia 60 tahun keatas, memiliki dokumen kependudukan (NIK/KTP/KK), miskin dan tidak mampu (ID BDT), tinggal sendiri/bersama pasangan, tidak potensial, memiliki penanggungjawab dan bukan penerima PKH,” ujar Rahmad.

Berdasarkan Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah bahwa lansia tidak potensial adalah lansia yang tidak mampu melakukan aktivitas secara mandiri, hanya terbaring ditempat tidur, mengalami sakit menahun membutuhkan bantuan dari orang lain dalam melakukan aktifitas.

Verifikasi dan validasi tahapan Bantu LU dilakukan oleh Dinas/ Instansi Sosial Kabupaten/Kota, rapat dan koordinasi dilakukan di Dinas Sosial Provinsi, pemadanan data dilakukan dengan pengecekkan langsung kerumah calon penerima manfaat, penetapan penerima bantuan. (ra)

Tags: , , , , , , , , ,