Alih Digital Selamatkan Naskah Kuno

Alih Digital Selamatkan Naskah Kuno
Jpeg

Padang, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka menyelamatkan Naskah Kuno, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok melakukan pertemuan kerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, Kamis (23/5/2019), bertempat di ruang Kerja Kasubag Tata Usaha Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok, Suhartinah yang didampingi 4 orang anggota tim, Weni Oktiarni, Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Pidriati, Kasi Pengembangan, Pengolahan dan Konservasi Koleksi serta 2 orang fungsional umum Khairul dan Liza Elfafinda, dalam pertemuannya mengatakan pada tahun 2019 ini target untuk menyelamatkankan Naskah Kuno adalah melakukan Alih Media atau Alih Digital.

“Naskah Kuno yang dimiliki Dinas Perpuatakaan saat ini secara fisik sudah rapuh, dan sangat penting untuk menjaga kondisi fisiknya, isi dan nilai naskah kuno, maka digunakanlah teknologi alih media untuk menyalin naskah ke bentuk digital,” ungkap Suhartinah.

Pada kesempatan itu, Titik Lestari selaku Kasubag Tata Usaha Kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Sumatera Barat, mengatakan pihaknya telah mempersiapkan tim teknis dalam melakukan kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok untuk melakukan Alih Digital Naskah Kuno yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok.

“Alih media teknologi digital naskah kuno yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok sudah tepat karena melakukan alih digital merupakan salah satu cara untuk melestarikan informasi yang terkandung dalam naskah kuno,” jelas Titik Lestari.

Sementara, Weni Oktiarni Kabid Pengelolaan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi digital, penyelamatan naskah kuno beralih melalui media digital.

“Yang diselamatkan itu teksnya, pengetahuanya yang terkandung dalam naskah kuno itu, karena fisik bisa saja hilang, tapi kalau teks sudah digital maka usia naskah itu bisa lebih panjang usianya,” jelasnya.

“Naskah kuno merupakan karya tulis dari zaman silam yang menjadi tolak ukur peradaban suatu bangsa. Dia bisa menjadi jendela informasi dari masa lampau, setiap naskah membawa pesan penting dari zamannya,” tambahnya. (kd)

Tags: , , , ,