Aneka Seni Lukisan Meriahkan Solok Mural Competition

Aneka Seni Lukisan Meriahkan Solok Mural Competition

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinding pagar taman pramuka Pulau Belibis dan pagar samping SMP Negeri 2 Kota Solok menjadi berwarna ketika disulap dengan aneka seni lukisan mural. Lukisan mural itu membuat dinding  yang awalnya terlihat polos kini berubah penuh warna-warni.

Lukisan mural ini pertama kali di adakan untuk Kota Solok dengan bertemakan Solok Mural Competition di laksanakan oleh kolaborasi dua komunitas yaitu Komunitas Gajah Maharam Photography dan Komunitas Gubuk Kopi yang di dukung oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata Kota Solok serta masyarakat Kelurahan Kampung Jawa dan masyarakat Kelurahan Tanjung Paku.

Juri untuk lomba Mural diantaranya yaitu Direktur Visual Jalanan Jakarta, Andang Kelana, Dosen Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Padang, Ferdian Ondera Asa dan Komunitas Gubuk Kopi Volta A.Jonneva.

Lomba ini diselenggarakan dari tanggal 26 s/d 27 Oktober 2019 di ikuti oleh seniman Mural yang berasal dari berbagai Daerah seperti Sumatera Barat dan Luar Sumatera Barat dengan jumlah peserta sebanyak  51 orang. Peserta sangat antusias mengikuti lomba walaupun di bawah terik matahari tidak menyurutkan semangat peserta untuk menorehkan cat ditembok agar menghasilkan lukisan mural dengan berbagai nilai karakteristik yang unik dan indah.

Dalam sambutannya, Walikota Solok yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan, Jefrizal,S.Pt,MT menyambut baik serta mengapresiasi Lomba Mural dengan Tema Solok Mural Compotition. Kegiatan ini sangat positif sekali dimana melalui seniman mural dapat menata dan memperindah lingkungan dengan baik. Pemerintah Daerah akan selalu mendukung setiap kegiatan kreatif ini untuk menyalurkan hobi dan bakat untuk memperindah lingkungan.

Lebih lanjut, Jefrizal,S.Pt,MT mengatakan, kegiatan ini merupakan sebagai ajang generasi muda untuk menuangkan ekspresi seni lukis mural, memberikan nuansa baru bagi masyarakat melalui pesan-pesan yang dihadirkan dari karya mural di dalamnya, sehingga menjadikan dinding yang awalnya kosong menjadikannya lebih hidup. Kami berharap keberadaan lukisan mural dinding pagar taman Pramuka dan Dinding Pagar SMPN 2 Kota Solok bisa menjadi sebuah destinasi baru di Kota Solok, ungkap Jefrizal.

Kasi Industri dan Jasa Usaha Pariwisata, Patrisia Juwita saat berada di lokasi lomba menjelaskan bahwa kegiatan bertujuan untuk  membuat sebuah dinding kosong memiliki nuansa seni, bukan hanya dapat membuat dinding tersebut tampak indah, namun juga akan memberi nilai lebih pada dinding tersebut. Oleh karena itu kami mencoba mengadakan dalam bentuk lomba yang bekerjasama dengan Komunitas seni yang ada di Kota Solok. Alhamdulillah setelah di bukanya pendaftaran untuk mengirimkan sketsa yang akan dilombakan terlihat antusias peserta yang melebihi target yang kami harapkan sebelumnya yaitu sebanyak 50 orang peserta saja, ungkap Patrisia.

Saat sekarang masyarakat sudah dapat menikmati hasil karya peserta lomba mural tersebut yang terdapat di Pagar Taman Pramuka Pulau Belibis dan Pagar Samping SMP 2 Kota Solok. Insya Allah dengan tingginya antusias peserta kami akan mencoba menggelar lomba mural ini pada tahun 2020.Kami berharap kepada masyarakat untuk menjaga hasil karya mural agar tidak di rusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tambah Patrisia.

Untuk pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada acara Sumarak Anak Nagari yang akan di adakan pada tanggal 3 November 2019 nantinya, bagi para pemenang kami menyediakan hadiah dengan total Rp. 12.250.000 ditambah sertifikat penghargaan bagi setiap pemenang.(wh)

Tags: , , , ,