ANRI Adakan Workshop online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

ANRI Adakan Workshop online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19

Solok, (Info Publik Solok) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan Workshop online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penangan Corona Virus Disease 19 (Covid-19) melalui Aplikasi Zoom Metting. Acara tersebut diikuti oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok Wadirman, beserta jajaran, secara daring yang bertempat di studio mini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, Rabu (29/07).

Pelaksanaan Workshop Online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 ini dibuka oleh Drs. Sumrahyadi, MIMS Direktur Pembinaan Kearsipan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Sumrahyadi menyampaikan “Arsip Pandemi Covid-19 adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan TIK yang dibuat dan diterima oleh Lembaga Negara, Pemda, Perguruan Tinggi, Perusahaan, Orpol, Omas, dan perseorangan dalam penanganan pandemi Covid-19”.

“Arsip Pandemi Covid-19 adalah sebagai bahan akuntabilitas kinerja serta alat bukti yang sah dan Arsip Pandemi Covid-19 juga sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelas Sumrahyadi.

Pada kegiatan Workshop Online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 ini,  Drs. Azmi, M.Si Direktur Kearsipan Pusat, Arsip Nasional Republik Indonesia, menjelaskan “Tujuan Workshop Online Pengelolaan dan Penyelamatan Arsip Penanganan Covid-19 ini adalah sebagai panduan bagi instansi pemerintah (pencipta arsip – Lembaga Negara dan Pemerintah daerah) untuk melakukan pengelolaan arsip yang tercipta sebagai akuntabilitas kinerja dari kegiatan penanganan Covid-19 dan sebagai panduan bagi Lembaga Kearsipan dalam Penyelamatan arsip penanganan Covid-19 serta sebagai bahan pertanggungjawaban nasional, bagian dari memori kolektif bangsa”.

Lebih lanjut Azmi mengungkapkan “Penyelamatan arsip pandemi covid-19 sebagai arsip terjaga, yang harus di kelola dan diselamatkan sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. “Arsip haruslah dikelola dan diselamatkan agar tidak hilang dan rusak” ungkapnya mengakhiri materi. (jij)

 

Tags: , , , , , , ,