ANRI Sampaikan Pentingnya Preservasi Arsip

ANRI Sampaikan Pentingnya Preservasi Arsip

Solok, (InfoPublikSolok) – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengadakan diskusi online preservasi arsip dalam rangka HUT Republik Indonesia ke 75. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh komunitas kearsipan di Indonesia melalui Aplikasi Zoom Metting. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Solok Wadirman, beserta jajaran juga mengikuti acara ini secara daring yang bertempat di studio mini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok, pada Kamis (23/07/2020).

Pelaksanaan diskusi online preservasi arsip dengan topik “Manajemen Depot Arsip Statis” ini dibuka oleh Dr. Kandar, MAP Direktur Preservasi Arsip ANRI. Pada kesempatan tersebut Kandar menyampaikan manajemen kearsipan adalah perencanaan, pengawasan, pengarahan, pengorganisasian, pelatihan, pengembangan dan aktivitas manajerial lain yang ditujukan atas kegiatan penciptaan, pemeliharaan, penggunaan dan penyusutan arsip dengan maksud untuk mencapai dokumentasi yang baik dan sesuai dengan kebijakan dan transaksi.

“Manajemen kearsipan dilakukan bertujuan untuk mendokumentasikan kebijakan dan transaksi organisasi dan perusahaan secara akurat dan lengkap, mengendalikan jumlah dan kualitas arsip yang dihasilkan organisasi dan perusahaan, menetapkan dan menjamin mekanisme kontrol berkenaan dengan penciptaan arsip dengan maksud untuk mencegah penciptaan yang tidak perlu. Selanjutnya diperlukan untuk menyederhanakan aktivitas, sistem, dan proses penciptaan, penggunaan, dan pemeliharaan arsip, serta menjamin preservasi dan penyusutan arsip sesuai dengan ketentuan,  menjamin perhatian dan pengarahan yang berkelanjutan terhadap arsip sejak awal penciptaan sampai dengan akhir penyusutan, serta menekankan  pencegahan terjadinya kertas kerja yang tidak perlu” jelas Kandar.

Pada kegiatan diskusi online ini Kepala Sub.direktorat Penyimpanan Arsip Dhani Sugiharto yang bertindak sebagai narasumber menjelaskan preservasi adalah keseluruhan proses dan kerja dalam rangka perlindungan arsip terhadap kerusakan arsip atau unsur perusak dan restorasi/ perbaikan bagian arsip yang rusak.

“Latar belakang preservasi yaitu ancaman kerusakan arsip, obsolence format of archives, keterbukaan akses informasi arsip yang tersimpan, penguatan data khasanah arsip melalui depot register berbasis teknologi tepat guna dan pemusatan disaster response on archives”. jelas Dhani.

Lebih lanjut Dhani Sugiharto mengungkapkan “Preservasi arsip meliputi penyimpanan arsip, pemeliharaan, perlindungan dan pengamanan serta menjaga kerusakan pada saat menggunakan arsip”. “Salah satu upaya untuk mejaga dan melindungi arsip dari kerusakan perlunya dilakukan fumigasi untuk membunuh hama yang merusak arsip, ungkap Dhani sembari mengakhiri materinya. (jij)

Tags: , , , , ,