Antisipasi Banjir, DPUPR Kota Solok Melakukan Pengerukan Saluran Irigasi

Antisipasi Banjir, DPUPR Kota Solok Melakukan Pengerukan Saluran Irigasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solok khusunya Bidang Sungai dan Pengairan melakukan pembersihan dan pengerukan saluran irigasi di Simpang Rumbio, Kamis (29/8/2019).

Setiap musim hujan saluran irigasi Simpang Rumbio selalu meluapkan air dan menjadi langganan banjir. Hal ini terjadi tidak lepas dari banyaknya sampah-sampah yang menyebabkan tersumbatnya saluran irigasi di sepanjang jalan tersebut. Melihat situasi ini Dinas PUPR menugaskan petugas khusus tim irigasi untuk melakukan pengerukan sampah-sampah yang ada menyumbat saluran tersebut.

“Setiap hujan selalu menyebabkan banjir, dari banjir yang disebabkan dari saluran irigasi sepanjang jalan Simpang Rumbio tersebut tidak memungkiri juga menyebabkan kemacetan kendaraan yang juga berhati-hati melaju karena air yang meluap terkadang mencapai atas mata kaki,” ujar Elyardi Selaku Kabid Sungai dan Pengairan.

Kami juga tidak bosan selalu menghimbau kepada masyarakat sekitar dan seluruh masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan apalagi di sepanjang saluran irigasi yang sangat rentan dengan terjadinya peluapan air dan menyebabkan banjir, tambah Elyardi.

Saluran irigasi juga sebagai penyedia bahan baku air pertanian harus terus dijaga kelancarannya, sehingga sector pertaian juga mampu menghasilkan hasil panen yang baik untuk mendongkrak kesejahteraan para petani.

Banjir akan kembali terjadi jika kita sebagai masyarakat tetap tidak menjaga kebersihan dari saluran irigasi Simpang Rumbio tersebut. Tidak ada salahnya sama-sama menjaga kebersihan karena kebersihan adalah sebagian dari iman. (kips)

Tags: , , , , , , , , ,