Antisipasi Covid-19, Tim Medis ditempatkan di Sekretariat DPRD Kota Solok

Antisipasi Covid-19, Tim Medis ditempatkan di Sekretariat DPRD Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Sekretariat DPRD Kota Solok terus berupaya untuk melakukan pencegahan merebaknya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dengan melakukan pengawasan bagi siapa saja yang datang ke Sekretariat DPRD Kota Solok. Mulai Senin (6/4), dua orang tenaga medis beserta perlengkapan ditempatkan di pintu masuk Kantor DPRD Kota Solok.

Sekretaris Dewan Zulfahmi, mengatakan semenjak adanya edaran dari Presiden Republik Indonesia terkait merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia, maka kunjungan kerja keluar daerah maupun studi banding ditiadakan. Sebaliknya juga tidak menerima kunjungan kerja dari daerah manapun untuk melakukan sharing informasi ke Sekretariat DPRD Kota Solok. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi masuknya virus Covid-19.

“Sebagai langkah antisipasi di lingkungan sekretariat ditempatkan dua orang tim medis dari Puskesmas Nan Balimo, guna memeriksa siapa saja yang masuk ke sekretariat DPRD tanpa ada pengecualian. Jika tamu yang datang dari luar Kota Solok atau datang dari daerah terjangkit Covid-19, tim medis tidak akan membolehkan untuk masuk ke areal sekretariat DPRD,” ujar Zulfahmi.

Wulandari, salah satu Tim medis yang ditempatkan di Sekretariat Dewan menyampaikan, piket ini bertujuan untuk melakukan screening dan menjaring setiap tamu yang berkunjung ke sekretariat DPRD Kota Solok. Selain melakukan screening tim medis juga memberi sosialisasi akan pentingnya menjaga kesehatan.

“Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana untuk dilakukan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Wulan.

Sebelum memasuki Sekretariat Dewan pengunjung dianjurkan untuk mencuci tangan dengan hand sanitizer yang sudah di sediakan di depan pintu masuk. Tim medis memandu tamu agar seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari dan kuku. Setelah itu, keringkan tangan dengan tisu yang sudah disediakan.

Menjaga kebersihan tangan adalah dasar kesehatan sederhana yang harus diperhatikan semua orang. Pasalnya, kuman yang berbahaya dapat dipaparkan melalui tangan saat kita tanpa sadar menyentuh berbagai benda di tempat umum dan berjabat tangan dengan orang yang terinfeksi virus corona, dan memaparkannya ke tubuh sendiri melalui sentuhan ke mulut, mata, hidung, dan bagian tubuh lainnya (wh).

Tags: , , , , ,