Antisipasi Potensi Bencana Hidrologi, Ramadhani Pimpin Apel Siaga Personil BPBD

Antisipasi Potensi Bencana Hidrologi, Ramadhani Pimpin Apel Siaga Personil BPBD

Solok, (InfoPublikSolok) – Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Dr. Ramadhani Kirana Putra, bertindak sebagai pembina dalam apel kesiapsiagaan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solok untuk langkah antisipasi dan meminimalisir potensi bencana hidrologi selama musim penghujan di halaman Balai Kota Solok, Senin (30/8).

Turut hadir dalam apel siaga Plt. Kepala Satpol PP dan Damkar Kota Solok, Delfianto, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Ardinal, Kalaksa BPBD Kota Solok, Ikhlas, beserta personel BPBD, Satpol PP dan Damkar serta Paramedis.

Ramadhani dalam arahanya mengatakan upaya preventif dan kewaspadaan untuk meminimalisir risiko bencana hidrologi seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor pada akhir bulan Agustus 2021 ini dilakukan Pemerintah Kota Solok dengan meningkatkan monitoring kondisi terkini melalui BPBD Kota Solok dan tim relawan penanggulangan bencana.

Salah satunya yang akan dilakukan adalah kegiatan susur sungai Batang Lembang, termasuk melakukan upaya penanggulangan dengan memetakan kawasan yang menjadi langganan banjir selama ini.

Wakil Wali Kota juga menyebutkan, terkait dengan kegiatan susur sungai, manfaat kegiatan susur sungai salah satunya adalah untuk mencegah banjir bandang yang sewaktu-waktu dapat melanda Kota Solok akibat limpahan curah hujan tinggi di kawasan hulu.

Kegiatan ini bertujuan untuk mencari sumbatan-sumbatan sampah dan material di sepanjang aliran Sungai Batang Lembang yang mengular dan membelah Kota Solok.

“Semoga dengan susur sungai ini, sungai yang ada di Kota Solok akan bersih. Jika turun hujan deras, bisa meminimalisir risiko terjadinya banjir,” tutur Ramadhani Kirana Putra.

Lebih lanjut pada kesempatan itu, Ramadhani mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen terkait, terkhusus dari unsur kesehatan, BPBD dan Satpol PP dan Damkar Kota Solok yang telah bekerja dengan baik dalam mengendalikan dan mengurangi angka penyebaran Covid-19 di tengah pandemi yang berlangsung.

 

Ramadhani Kirana Putra mengingatkan, kesadaran memakai masker harus mulai ditanamkan dan dibiasakan dari diri sendiri.  Apabila telah terbiasa, otomatis nantinya keluarga dan masyarakat, akan terbiasa menggunakan masker di tengah pandemi ini. (dd/re)

 

Tags: , , , , , ,