Anugerah Video Tutorial Penyelesaian Sengketa 2021, Bawaslu Kota Solok Raih Terbaik 2

Anugerah Video Tutorial Penyelesaian Sengketa 2021, Bawaslu Kota Solok Raih Terbaik 2

Solok, (InfoPublikSolok) – Bawaslu Kota Solok sukses raih terbaik 2 pada Malam Anugerah Video Tutorial Penyelesaian Sengketa Tahun 2021 yang diberikan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, di The ZHM Premiere Padang, Senin (15/11/2021. Penghargaan ini diterima langsung oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Solok didampingi oleh Koordinator Sekretariat Agustin Melta, S.Sos.

Acara malam anugerah ini dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Barat H. Mahyeldi Ansyarullah, dan Anggota Bawaslu RI Rahmat Bagja, serta unsur pimpinan Bawaslu dan KPU Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dan Bawaslu Kab/Kota se-Sumbar.

Bawaslu Kota Solok meraih terbaik 2 pada kategori Penerimaan Permohonan Penyelesaian Sengketa, dimana ada 4 (empat) kategori yang di nilai dalam Anugerah Video Tutorial Penyelesaian Sengketa Pemilu/Pemilihan tersebut, diantaranya adalah kategori Penerimaan Permohonan Penyelesaian Sengeketa, Kategori Musyawarah Tertutup, Kategori Musyawarah Terbuka, dan Penyelesaian Sengketa Secara Cepat. Dan satu kategori tambahan yaitu kategori ter SIMP (Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas).

Ketua Bawaslu Kota Solok Triatri sangat bersyukur atas pencapaian prestasi tersebut, karena baginya setiap penghargaan yang diperoleh merupakan wujud keberhasilan dari sebuah kerja keras yang telah dilakukan oleh semua unsur di Bawaslu Kota Solok. Ia juga berharap prestasi ini dapat menjadi cambuk semangat untuk lebih meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam bekerja serta memajukan lembaga.

” Alhamdulillah, semua ini berkat kerjasama dan perjuangan kita di Bawaslu Kota Solok, mulai dari pimpinan dan staf semuanya bekontribusi dalam pencapaian prestasi ini. Apa yang kita capai hari ini adalah wujud dari kerja keras kita untuk semakin memajukan lembaga, mudah-mudahan kedepan kami jauh lebih baik lagi dan selalu semangat dalam meningkatkan kapasitas dan kretifitas dalam bekerja,” Ujar Sriknadi Pengawas Pemilu Kota Solok ini.

Senada dengan itu Rafiqul Amin yang juga selaku Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Solok menyebutkan penghargaan tersebut menjadi momentum untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri selaku pengawas Pemilu/ Pemilihan. Karena dalam video tutorial yang dilombakan tersebut terdapat proses pembelajaran bagi penyelenggara, peserta pemilu, dan masyarakat terkait bagaimana proses penyelesaian sengketa Pemilu/ Pemilihan yang dilakukan oleh Bawaslu Kota Solok.

“Penghargaan ini tentunya kita jadikan momentum untuk terus meningkatkan kapasitas diri selaku lembaga yang diberi mandat oleh undang-undang untuk melakukan penyelesaian sengketa Pemilu/ Pemilihan di Kota Solok, Apa yang dicapai hari ini adalah salah santu bentuk usaha kita untuk terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam proses penyelesaian sengketa Pemilu/ Pemilihan, dan juga sebagai pembelajaran bagi publik tentunya,” sampai Rafiq.

Sementara itu Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu RI, Rahmat Bagja dalam kata sambutanya mengapresiasi pelaksanaan acara Malam Anugerah Video Tutorial Penyelesaian Sengketa Tahun 2021 yang diadakan oleh Bawaslu Provinsi Sumatera Barat tersebut, karena menurutnya acara ini baru pertama kali diadakan oleh Bawaslu dan juga sangat bermanfaat bagi peningkatan kapasitas pengawas dan juga tentunya memberikan pengetahuan publik.

Untuk itu Ia berharap menghadapi Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 mendatang, seluruh jajaran pengawas harus selalu meningktkan kapasitas dan kapabilitas diri baik itu melalui kegiatan-kegiatan formal di internal Bawaslunya sendiri maupun kegiatan diluar/eksternal. (si)

Tags: , , , ,