APJII Riau-Sumbar Salurkan Bantuan Korban Gempa Pasaman Melalui ACT Cabang Solok

APJII Riau-Sumbar Salurkan Bantuan Korban Gempa Pasaman Melalui ACT Cabang Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Musibah gempa yang mengguncang wilayah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat pada Jumat (25/2/2022) pagi menyisakan duka bagi masyarakat setempat. Selain menelan korban, baik yang meninggal, luka berat, maupun luka ringan, ribuan masyarakat saat ini masih berada di tenda pengungsian karena tempat tinggal mereka luluh lantak rata dengan tanah.

Melihat besarnya dampak musibah ini dan masih banyaknya masyarakat yang membutuhkan bantuan, turut memanggil Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) Pengurus Wilayah Riau-Sumbar untuk membantu meringankan kebutuhan warga terdampak gempa tektonik dengan magnitudo 6,2 SR tersebut. Yakni dengan menyalurkan donasi uang tunai sebesar Rp 25 juta.

Bantuan ini diserahkan oleh Koordinator Wilayah APJII Sumbar, Riano Oskar, ST kepada Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Solok. Donasi ini diterima oleh staf bidang program ACT Cabang Solok, Wisnu Bramantio, Jumat (11/3) siang di Kantor ACT Cabang Solok, Jalan Dt. Perpatih Nan Sabatang, Air Mati.

“APJII ikut merasakan keprihatinan dan duka mendalam atas bencana gempa Pasaman yang dampaknya sangat luar biasa. Duka mereka adalah duka kita bersama,” tutur Riano.

Direktur PT. Cinox Media Net itu menambahkan, donasi yang terkumpul ini adalah inisiatif dari perusahaan penyedia internet di kawasan Riau-Sumbar untuk ikut membantu meringankan beban warga di lokasi terdampak.

“ACT lembaga yang cepat dan luas jangkauannya dengan relawan yang sudah berpengalaman menangani bencana. Semoga seiring kecepatan bantuan disalurkan, manfaatnya juga akan diterima dengan cepat oleh penerima manfaat,” kata Riano.

Sementara itu, staf bidang program ACT Cabang Solok, Wisnu Bramantio sangat mengapresiasi bantuan yang disampaikan oleh APJII Pengwil Riau-Sumbar. Bantuan yang diberikan akan langsung diserahkan kepada masyarakat Pasaman yang terkena dampak dari bencana.

“Tim asesmen ACT di lapangan akan mendata kebutuhan logistik untuk selanjutnya tim logistik kami akan segera membelikan kebutuhan korban di lokasi nantinya, Terima kasih kepada APJII yang telah mempercayakan kepada ACT penyaluran donasi untuk korban gempa Pasaman, Insya Allah donasi yang dikirimkan sangat bermanfaat bagi saudara kita yang terkena musibah. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan rahmat untuk seluruh donatur,” ucapnya usai penyerahan donasi.

Sebelumnya, ACT Cabang Solok bersama sejumlah komunitas telah menyalurkan langsung bantuan logistik dan donasi tahap pertama dari perorangan dan komunitas wilayah Solok ke lokasi terdampak di Pasaman pada Jumat pekan lalu.

Setelah kejadian gempa, ACT bergegas memberangkatkan sejumlah armada kemanusiaan dari Wakaf Distribution Center, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, yaitu Humanity Food Truck, Humanity Food Bus, armada rescue double cabin, ambulans pre-hospital, dan truk-truk logistik. (*)

Tags: , , ,