Aplikasi Sikowil Untuk Babinsa Kodim 0309/Solok

Aplikasi Sikowil Untuk Babinsa Kodim 0309/Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Seluruh personel Kodim 0309/Solok beserta 12 Koramil jajarannya menerima sosialisasi Sistem Informasi Komando Kewilayahan (Sikowil) di auditorium Makodim 0309/Solok, Jumat (17/5/2019).

Sistem Informasi Komando Kewilayahan (Sikowil) merupakan sistem informasi untuk mengelola administrasi dan dokumentasi, pelaporan, pengawasan dan koordinasi berbagai kegiatan komando kewilayahan TNI manunggal dengan rakyat dalam rangka Sishankamrata.

“Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut perlu dilakukan sosialisasi penggunaan Sikowil terutama bagi para Babinsa sebagai ujung tombak satuan kewilayahan,” kata Kapten Chb Endri Budiman Saputra, Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Kodim 0309/Solok selaku narasumber dan instruktur Sikowil.

Kapten Endri menegaskan, latar belakang lahirnya Sikowil adalah untuk membantu mengelola berbagai macam kegiatan komando kewilayahan secara lebih teratur baik dari sisi pencatatan dan dokumentasi informasi, struktur data, penyusunan dan penyajian, pengawasan dan pengendalian kegiatan.

“Sikowil merupakan inisiasi mandiri yang murni berasal dari Korem-Korem pelopor untuk mengatasi persoalan kebutuhan sistem informasi yang belum disediakan secara nasional oleh Mabes TNI,” ungkapnya

Dikatakan, dengan hadirnya Sikowil, unsur terkecil di satuan kewilayahan tidak lagi mengalami kesulitan untuk memberikan laporan kepada pimpinannya, karena aplikasi Sikowil dapat diakses Babinsa menggunakan handphone android sehingga para pimpinan di satuan dapat menentukan kebijakan secara cepat dan tepat sebagai tindak lanjut dari laporan dari masing-masing Babinsa.

“Apapun kegiatan yang dilakukan oleh para Babinsa di lapangan dapat dilaporkan tanpa harus menunggu operator komputer, ketersediaan sarana dan prasarana komputer lainnya, para Babinsa cukup menggunakan HP-nya masing-masing,” jelasnya. (hy)

Tags: , , , ,