Pemko Solok Sosialisasikan Aplikasi SP4N LAPOR! Kepada Ketua RT dan Admin OPD

Pemko Solok Sosialisasikan Aplikasi SP4N LAPOR! Kepada Ketua RT dan Admin OPD

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Solok adakan Sosialisasi Penggunaan Aplikasi SP4N – LAPOR! bagi admin OPD dan Ketua RT se-Kota Solok, Kamis (14/11/19) di Aula Bappeda Kota Solok.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Sekretaris Kominfo, Lusya Adelina, Kabid Pengelolaan Informasi dan Media Komunikasi Publik, Mukhni, Kasi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, Dedy Masry, juga menghadirkan Rizky Dwi Putra Narasumber dari Analis Pengaduan Masyarakat Pada Kementerian PAN RB.

Dalam sambutannya Walikota Solok yang diwakili Sekretaris Diskominfo menegaskan “Kepada seluruh petugas pengelola aplikasi dan pimpinan OPD dilingkungan Pemerintahan Kota Solok, agar menindaklanjuti segera setiap pengaduan yang masuk melalui aplikasi SP4N-LAPOR! dan menyelesaikannya sampai tuntas dan manfaatkanlah aplikasi ini sebagai sarana untuk menyampaikan pengaduan dan aspirasinya terkait layanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah baik Pusat maupun Daerah serta informasikan kepada warga dilingkungan RT masing-masing akan keberadaan Aplikasi SP4N-LAPOR! yang bisa juga melalui website solokkota.lapor.go.id

 

Pemerintah Kota Solok telah terintegrasi dengan Aplikasi SP4N-LAPOR! semenjak akhir tahun 2017 sampai saat ini telah masuk aduan sebanyak 104 aduan, dimana 102 aduan berstatus telah selesai dan 2 aduan masih dalam proses. Seluruh OPD, Kelurahan, Puskesmas, dan PDAM Kota Solok telah terhubung dengan Aplikasi LAPOR! Dan Sosialisasi ini diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat khususnya ketua RT se-Kota Solok tentang Pelayanan Publik serta bagaimana tata cara penyampaian aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR!, dalam rangka peningkatan pelayanan Pemerintah kepada masyarakat karena teknologi informasi metupakan salah satu cara yang dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Solok, jelas Dedi Masry.

Narasumber Rizky menjelaskan setiap laporan yang di sampaikan masyarakat nanti bisa dilihat oleh orang lain kecuali untuk laporan yang bersifat sensitif masyarakat dapat merahasiakannya dengan memilih Anonim di Aplikasi LAPOR ini, Ayo lapor untuk pelayanan publik yang lebih baik, Jangan takut untuk mengadu karena identitas dan keamanan pelapor akan relatif lebih terjaga, pelapor dapat dengan mudah mengadu kapan saja dan dimana pun, pelapor dapat mengirimkan laporan ke Instansi yang memilih kewenangan untuk mengelola laporan karena masyarakat bisa jadi jembatan antara .

Disela sela sosialisasi juga dilakukan praktek pemanfaatan aplikasi serta pada sesi tanya jawab cukup banyak respon yang beragam dari para peserta. Semoga dengan pemanfaatan aplikasi Sp4n Lapor ini masyarakat dapat ikut memberikan kontrok serta pengawasan terhadap pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah dlaam rangka menjadikan Kota Solok lebih baik. (eg)

Tags: , , , ,