Aplikasikan SP4N-LAPOR versi 3.0, Kominfo Gelar Sosialisasi

Aplikasikan SP4N-LAPOR versi 3.0, Kominfo Gelar Sosialisasi

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Solok (Kominfo) adakan sosialisasi sekaligus evaluasi terkait pelaksanaan  pengelolaan Aplikasi  Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) versi 3.0 di Aula Bappeda Kota Solok, Kamis (1/8).

Acara tersebut dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika (Kominfo) Kota Solok, Zulfadli dan diikuti oleh Tim Koordinasi, Pejabat Penghubung beserta Admin Koordinator dan Admin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengelola aplikasi SP4N-LAPOR!.

Kepala Dinas Kominfo menyampaikan, “Pemerintah Kota Solok telah terintegrasi dengan aplikasi SP4N-LAPOR! yang kenal dengan LAPOR! PEMKO SOLOK. LAPOR! PEMKO SOLOK merupakan sarana penyampaian aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu yang dapat digunakan oleh masyarakat atas layanan publik yang diterimanya”, jelas Zulfadli.

Zulfadli mengungkapkan bahwa penerapan aplikasi SP4N-LAPOR! berlaku secara nasional yang telah terhubung dengan 34 kementerian, 98 lembaga negara, 34 pemerintah propinsi, 384 pemerintah kabupaten dan 89 pemerintah kota yang ada di Indonesia.

“Masyarakat dapat menyampaikan keluhan atau aduannya terkait layanan public melalui beberapa kanal aduan LAPOR! PEMKO SOLOK yaitu website http://solokkota.lapor.go.id/, twitter @LAPOR1708, facebook LAPOR PEMKO SOLOK, SMS ke 1708 dengan format aduan KOTASOLOK<spasi> Isi Aduan”, ujar Kadis.

Dalam pelaksanaan pengelolaan LAPOR! PEMKO SOLOK tidak hanya menjadi tanggungjawab dari Dinas Komunikasi dan Informatika.tetapi juga melibatkan Inspektorat sebagai pelaksana fungsi pengawasan dan Bagian Organisasi pelaksana fungsi kebijakan. Hal inilah yang harus kita tingkatkan agar pelayanan menjadi semakin lebih baik,” tegas Zulfadli.

“Saat ini aplikasi pengelolaan Lapor telah ditingkatkan menjadi versi 3.0 yang telah mengalami penyempurnaan.  Dalam menerima aduan kita sangat terbuka dan selalu mendengarkan  keluhan dari masyarakat. Ini yang selalu kita apresiasi dan terus tingkatkan. Dari hasil rekapitulasi sementara tahun 2019 ini ada 34 laporan yang masuk dari bulan Januari sampai bulan Agustus ini. 28 laporan itu statusnya sudah selesai ditindak lanjuti serta 6 laporan masih dalam proses,” ungkapnya.

Salah satunya aduan tertanggal 7 Januari 2019 terkait dengan laporan di daerah Kampung Jawa yaitu adanya trotoar yang berlubang dan membahayakan bagi pejalan kaki. Aduan tersebut telah ditindaklanjuti oleh Dinas PUPR dengan melakukan perbaikan terhadap trotor yang berlubang tersebut.

Kemudian aduan di jalan Talago Biruhun MAN Kota Solok Kelurahan Simpang Rumbio mengenai sampah masyarakat mohon dilakukan pengangkatan setiap hari dan disediakan bak penampungnya sehingga tidak berserakan dijalanan. Hal ini telah diteruskan ke DLH dan status laporannya saat ini masih dalam proses penyelesaian.

“Mari kita bangun kebersamaan dan  peduli terhadap pengelolaan layanan Publik di Kota Solok terhadap laporan atau aduan dari masyarakat ini. Setiap  semua laporan yang tujuannya untuk peningkatan dan pelayanan kita terhadap masyarakat, dan demi meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap program perencanaan pembangunan di kota sehingga menjadikan Kota Solok yang lebih baik lagi,” tambah Sekretaris Diskominfo Lusya Adelina.

Bagi para pejabat penghubung dan admin  yang belum memahami penggunaan Aplikasi Lapor versi 3.0 ini silahkan menghubungi Diskominfo kapan saja atau silahkan datang langsung ke kantor. Beberapa saran dan masukan dari OPD untuk perbaikan bagaimana pengelolaan Lapor kita ini bisa jadi lebih baik lagi. Peran serta aktif kita bersama serta dukungan pimpinan diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Solok. (eg)

Tags: , , , , ,

%d blogger menyukai ini: