Aro IV Korong Menuju Kelurahan Bambu “Bersih, Aman dan Berbudi”

Aro IV Korong Menuju Kelurahan Bambu “Bersih, Aman dan Berbudi”

Solok, (InfoPublikSolok) – Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) ARBES Kelurahan Aro IV Korong mengadakan acara Sosialisasi dan rembug warga Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) di Aula Kantor Lurah Aro IV Korong, Kamis (2/5/2019).

Acara ini dihadiri oleh Lurah yang diwakili oleh sekretaris, Ketua LPMK Aro IV Korong, Ketua RT dan RW se-Kelurahan Aro IV Korong serta fasilitator Program KOTAKU Kota Solok. Sosialisasi kali ini mengusung tema “Menuju Kelurahan Menjadi Layak Huni dan Berkelanjutan”.

Acara dibuka oleh Lurah Aro IV Korong diwakili Asperizal, S.Sos selaku sekretaris kelurahan. Dalam kata sambutannya, Asperizal mengucapkan terima kasih kepada koordinator Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Kelurahan Aro IV Korong yang telah berusaha untuk mendapatkan program KOTAKU tahun anggaran 2019.

“Pada tahun 2019, ada 4 (empat) Kelurahan yang mendapatkan dana program KOTAKU. Salah satunya adalah Kelurahan Aro IV Korong mendapat alokasi dana program KOTAKU sebesar Rp. 500 juta dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,”  kata Asperizal. Ia berharap agar program ini dapat terlaksana dengan baik dan penuh tanggung jawab.

Tahun ini, Kelurahan Aro IV Korong mengusung konsep Menuju Kelurahan Bersih, Aman dan Berbudi (BAMBU). Konsep ini ditekankan pada penghijauan permukiman dengan unsur alam yakni tumbuhan untuk mempercantik menggunakan tanaman produktif seperti tanaman buah, tanaman sayur, tanaman obat dengan karakter tanaman rambat yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, dan non produktif seperti rumput dan bunga tanaman hias.

“Konsep ini diharapkan mampu mengembalikan ekologi lingkungan dalam lingkup Kelurahan menjadi ‘hijau’ dengan tanaman sehingga menjadi asri dengan menggunakan media tanam dari bahan-bahan bekas yang ada seperti botol bekas, pipa, dan bahan lainya. Sehingga setiap RT nantinya akan terlihat cantik dan hijau dengan tanaman tanaman yang ada,” ungkap Asperizal.

“Semoga dengan adanya Program KOTAKU tersebut bisa meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan wawasan serta adat kebiasaan masyarakat Kelurahan terhadap penghijauan sederhana. Sesuai dengan konsep program KOTAKU Kelurahan Aro IV Korong tahun ini yaitu Menuju Kelurahan BAMBU “Bersih, Aman dan Berbudi.” pungkasnya. (ap)

Tags: , , , ,