Audiensi ke Bappenas, Wali Kota Solok Sampaikan Program dan Beberapa Usulan

Audiensi ke Bappenas, Wali Kota Solok Sampaikan Program dan Beberapa Usulan

Jakarta, (InfoPublikSolok) – Pemerintah daerah dituntut untuk lebih pro-aktif dalam percepatan pembangunan sumber daya manusia maupun infratsruktur yang kesemuanya itu adalah dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam upaya percepatan tersebut, Wali Kota Solok Zul Elfian Umar berinisiatif membuka komunikasi sekaligus meminta bantuan langsung ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI (PPN/Bappenas), Rabu, 24 April 2022.

Bertempat di ruangan Sulawesi, gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta Pusat, Wali Kota Solok, Zul Elfian Umar beserta rombongan disambut oleh Direktur Regional I, Uke Mohammad Hussein, mewakili Menteri PPN/Bappenas, Suharso Monoarfa.

Dalam pertemuan itu, Walikota Solok memaparkan perencanaan makro dan mikro Kota Solok salah satunya melalui sejumlah pembangunan sarana dan infrastruktur kota yang harus dikejar target pelaksanaan dan penyelesaiannya, sementara itu APBD Kota Solok tidak mencukupi untuk pembiayaannya dan harus mendapatkan dukungan dari dana APBN.

Adapun delapan program pembangunan yang cukup banyak menyita anggaran tersebut antara lain adalah, pengadaan alat kesehatan untuk RSUD Solok, lanjutan pembangunan GOR Marahadin, lanjutan pembangunan jalan lingkar utara, revitalisasi Pasar Raya Solok, lanjutan pembangunan Laydam Batang Lembang, pembangunan Rice Milling Unit (RMU) Premium, pembangunan embung Batang Binguang, serta pengadaan alat uji kendaraan bermotor.

Wako Zul Elfian juga menginformasikan bahwa usulan program dimaksud juga sudah disampaikan kepada kementerian terkait sehingga dimohonkan dukungan dari Bappenas dalam mengendalikan dan mengawal usulan dimaksud.

Direktur Regional I, Uke Mohammad Hussein, mengucapkan terima kasih kepada Pemko Solok karena sudah merealisasikan beberapa program pemerintah pusat yang telah berjalan sebelumnya di Kota Solok. Uke mengapresiasi upaya Wako Solok beserta jajaran dan berjanji akan mengkoordinasikan permohonan Pemko Solok dengan kementerian terkait sesuai mekanisme yang ada dan kemampuan keuangan negara.

“Pemerintah pusat sangat mendukung Pemko Solok dalam merealisasikan program pusat di Kota Solok. Sinkronisasi program ini sangat penting bagi pusat dan daerah dalam rangka percepatan pembangunan di Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan audiensi ini, Wali Kota Solok didampingi oleh Asisten Bidang Ekbang, Jefrizal, Kepala Dinas PUPR, Afrizal, Kepala Bappeda, Desmon, Kepala Dinas Kesehatan, Elvi Rosanti, Kabag Prokomp, Nurzal Gustim. (hh)

Tags: , ,