Info Publik Solok

Media Informasi Masyarakat Kota Solok

2 Maret 2024

Ayo Biasakan Hidup Sehat Bersama Germas

Ayo Biasakan Hidup Sehat Bersama Germas

Solok, (InfoPublikSolok) – Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat bersama Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar kegiatan Pembinaan Implementasi Pembudayaan Gerakan Masyarakat (Germas) di Aula BAPPEDA Kota Solok, Kamis (30/11).

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Solok, Asisten I, dan beberapa OPD Terkait ini dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Solok Dr. H. Syaiful A, M.Si.

Kepala Dinas Kesehatan Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep, M.Kes dalam sambutannya mengatakan bahwa Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mempraktekkan pola hidup sehat dan untuk menggerakkan institusi dan OPD untuk mempelopori.

“Germas memerlukan sinergi pelaksanaan dari seluruh unsur baik OPD, Lembaga kemasyarakatan maupun masyarakat umum dalam pelaksanaannya. Karena itu kami mangundang kepala-kepala OPD agar setiap pihak terkait untuk menetapkan kebijakan dan mengambil langkah-langkah sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing untuk mewujudkan GERMAS,” lanjut Elvi.

Formayoza, SKM, MKM selaku Pejabat Fungsional Madya Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat implementasi Gerakan Masyarakat hidup sehat dengan melibatkan lintas sektor.

“Gerakan Masyarakat (Germas) hidup sehat yang menjadi panduan bagi lintas sektor terkait untuk berperan aktif mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan, dan kemampuan berperilaku sehat,” tutur Formayoza.

Sekretaris Daerah Kota Solok Dr. H. Syaiful A, M.Si menjadi Narasumber dalam kegiatan ini bersama dengan Olstrin Priyufa, S.Sos, M.Si dari BAPPEDA Kota Solok.

Sekda mengatakan  pandangannya tentang pentingnya membangun kesadaran hidup sehat di tengah masyarakat. Ia menjelaskan bahwa pembangunan kesehatan adalah tanggung jawab semua komponen bangsa, dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap individu.

”tantangan pembangunan kesehatan di Indonesia, seperti tingginya angka kematian, penyakit menular dan tidak menular, serta permasalahan kesehatan jiwa. Germas dianggap sebagai momentum penting untuk mengubah pola hidup masyarakat menuju gaya hidup sehat,” jelas Syaiful.

“Germas merupakan upaya meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Dengan Germas, kita berusaha menciptakan generasi yang hebat dan membangun budaya hidup sehat di masyarakat, dimulai dari keluarga,” tambahnya.

Pertemuan ini menjadi ajang bagi para pemangku kepentingan di bidang kesehatan untuk bersinergi dalam mewujudkan visi kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Kota Solok dan sekitarnya. Implementasi Germas diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam menciptakan pola hidup sehat yang berkelanjutan di tengah-tengah masyarakat. (ya/ Ndy).

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan