Badan Sandi dan Siber Negara Evaluasi Penerapan Sertifikat Elektronik di Pemko Solok

Badan Sandi dan Siber Negara Evaluasi Penerapan Sertifikat Elektronik di Pemko Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN) lakukan evaluasi terhadap implementasi sertifikat elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Solok. Kegiatan evaluasi ini dilaksanakan di Aula Dinas Kominfo Kota Solok pada Selasa dan Rabu (22-23/9/2020).

Kedatangan tim evaluator dari Balai Sertifikat Elektronik BSSN RI yang terdiri dari, Sofu Risqi Yulian Saputra, S.Tr.TP, Fajar Dimar Habibi, S.Tr.TP, Rachmadiar Prima Sastyo, S.Tr.TP diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Solok, Zulfadli, beserta jajaran.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Solok melalui Dinas Kominfo telah mengembangkan beberapa aplikasi terkait dengan pelayanan yang memanfaatkan sertifikat elektronik berupa tanda tangan elektronik untuk keamanan penyelenggaraan sistem pemerintahan. 

Penerapan sertifikat elektronik di lingkungan Pemko Solok didasari oleh Peraturan Badan Siber dan Sandi Negara Nomor 10 tahun 2019 tentang pelaksanaan persandian untuk pengamanan informasi di pemerintahan daerah dan juga perjanjian kerja sama antara Pemko Solok dengan BSSN pada tanggal 6 November 2019 tentang pemanfaatan sertifikat elektronik pada sistem elektronik di lingkungan pemerintahan Kota Solok.

”Untuk Implementasi Sertifikat Elektronik di Pemerintah Kota Solok sudah mulai dilaksanakan sejak PKS ditandatangani. Setelah berjalan kurang lebih dua tahun, maka kiranya perlu dilakukan evaluasi terhadap tingkat pemanfaatan implementasi sertifikat elektronik di lingkungan Pemerintah Kota Solok,” ungkap Kadis Kominfo, Zulfadli.

“Dinas Kominfo Kota Solok merencakanan kegiatan evaluasi ini pada tahun anggaran 2021, namun setelah dilakukan koordinasi dengan Balai Sertifikasi Elektronik, maka kegiatan yang sebelumnya direncanakan pada tahun 2021 dapat terlaksana pada tahun 2020 dengan biaya dari anggaran Balai Sertifikasi Elektronik pada Badan Siber dan Sandi Negara,” jelas Zulfadli.

Sertifikat elektronik direncanakan akan diimplementasikan di seluruh sistem dan dokumen di lingkungan Pemerintahan Kota Solok.

Saat ini, sertifikat elektronik yang sudah diimplementasikan antara lain, SINADINE, KEPO, KLOP, PPDB, Perizinan Non Usaha, produk hukum yang di upload di JDIH Kota Solok serta pengumuman resmi yang diterbitkan di website resmi Pemerintah Kota Solok. (eg)

Tags: , , , , , , ,