Bagian Perekonomian Lakukan Sidak di Pasar Raya Solok

Bagian Perekonomian Lakukan Sidak di Pasar Raya Solok

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Milda Murniati bersama Kepala Dinas Perdagangan, KUKM Dedi Asmar, Kabid Sarana dan Pengelolaan Pasar Agus Zainir, Kasubag Pengembangan Ekonomi Daerah Fitri Suherini, Kasi Ketertiban dan Kebersihan Kiki Haryanto, Kasubag Lembaga Keuangan dan BUMD Avina Susanti dan bersama tim lainnya melakukan monitoring terhadap situasi ekonomi di Pasar Raya Solok, Senin (4/3/2019) sore.

Sidak ini dilakukan seiring dengan kondisi ekonomi saat ini, dan adanya keluhan dari masyarakat bahwa rendahnya jual beli di Pasar. Setelah dilakukan peninjauan di lapangan, secara merata terjadi penurunan pembeli di Pasar Raya Solok dari semua lini disebabkan berkurangnya pembeli dari daerah-daerah tetangga seperti kabupaten Solok, Sawahlunto, Sijunjung. Dibukanya pasar-pasar tradisional satelit di sekitar Kota Solok serta maraknya pedagang sembako yang memakai pick up. dan sepeda motor berjualan langsung di kawasan perumahan warga.

“Transaksi jual beli yang serba canggih, masyarakat lebih senang belanja online, juga salah satu faktor berkurangnya pembeli di Pasar Raya Solok. Perlu penataan ulang pasar raya solok, mulai dari pengelompokan jenis usaha agar lebih ditata lagi, sehingga terciptanya pasar yang kondusif yg nantinya akan membantu kelancaran proses jual beli itu sendiri,” ujar Kabag Perekonomian.

Sementara itu, Ketua Pedagang Pasar Raya Solok, Doni Fernando, menyampaikan bahwa pada prinsipnya untuk penataan Pasar Raya Solok, pihaknya siap membenahi. Namun untuk rencana pemindahan  pedagang-pedagang kaki lima ke kawasan Terminal Bareh Solok, Ia menyarankan perlu diadakan duduk bersama pedagang dengan Pemerintah Kota Solok untuk mengkaji ulang dampak ekonomi bagi pedagang setempat.

Lebih lanjut Doni mengatakan bagaimanapun pedagang-pedagang kecil belum siap bersaing dengan pedagang-pedagang besar seperti yang pada umumnya berada di pasar pagi Terminal Bareh Solok. “Sedangkan pedagang kita membeli dari pedagang besar di pasar pagi Terminal Bareh Solok untuk dijual kembali di Pasar Raya Solok,” tambah Doni. (lm)

Tags: , , , ,