Bakti Untuk Nagari Melalui KKN Tematik Fakultas Peternakan Universitas Andalas di Kota Solok

Bakti Untuk Nagari Melalui KKN Tematik Fakultas Peternakan Universitas Andalas di Kota Solok

Solok, (InfoPublikSolok) –  Dalam rangka melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata (KKN), mahasiwa Fakultas Peternakan Universitas Andalas melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema “Bakti Untuk Nagari” di dua kelurahan di Kota Solok yaitu Kelurahan Nan Balimo dan Kelurahan Tanah Garam. Program pengabdian masyarakat  ini diketuai oleh Yusra dan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan KKN ini di mulai pada tanggal 1 Juli sampai dengan tanggal 30 Juli, dan kegiatan ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena salah satu program yang dilakukan bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19. Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan demi memutus mata rantai covid 19 ini dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan, pembagian hand sanitizer, pembuatan masker, sosialisasi tentang new normal serta membuat video tentang pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi dari protein hewani asal ternak, dan video tersebut di share oleh ketua RT kepada warganya melalu WAG (whatsApp group).

Tak hanya fokus dibidang penanggulangan pandemi covid 19,mahasiwa KKN juga memiliki program utama sesuai dengan jurusannya yaitu bidang peternakan, seperti di Kelurahan Nan Balimo mahasiswa KKN lebih terpusat dibidang sentra peternakan kambing perah yang berada di Galanggang Batuang. “Masih banyaknya kendala yang harus dibenahi seperti sarana dan prasarana, manajemen perkandangan dan pengolahan pakan yang ketersediaannya tidak kontinu,” ujar Hendra Saputra yang berperan sebagai pemilik sekaligus pengelola Gelanggang Raya Farm.

Bertitik tolak dari permasalahan yang dialami peternak, maka mahasiswa KKN berpartisipasi menyelesaikan permasalahan tersebut. Beberapa kegiatan dilakukan sebagai upaya memberikan solusi seperti pendampingan pembuatan kandang kambing dalam rangka pengembangan usaha, pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik, sehingga dapat meningkatan nilai ekonomis dari limbah ternak itu sendiri. Mahasiswa juga melakukan pelatihan pembuatan Urea Molases Blok (UMB) guna memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi lainya yang tidak tercukupi dari pakan hijauan. Masalah utama bagi peternak adalah pakan, maka mahasiswa mendampingi peternak menanam hijauan serta mendampingi peternak dalam melakukan kegiatan pasca panen yaitu pemasaran susu kambing dengan membuat merek, membenahi kemasan dan packing sampai mendampingi peternak melakukan penjualan melalui online.

Sedangkan kelompok mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN di KelurahanTanah Garam mengabdikan dirinya ditempat peternakan sapi dan peternakan itik milik warga serta melakukan pembuatan mesin tetas dan merupakan salah satu program kerja yang dapat dirasakan manfaatnya bagi peternak, dimana mesin tetas tersebut dapat digunakan utuk menetaskan telur itik hasil produksinya sendiri agar dapat digunakan sebagai pengganti indukan yang sudah kurang produktif. Selain itu day old duck (DOD) atau itik usia 1-30 + hari juga bisa dijual sebagai penghasilan tambahan oleh peternak tersebut dengan cara peternak menjual DOD tersebut kepada masyarakat atau peternak lain.

Selain pembuatan mesin tetas, mahasiswa KKN  juga mempunyai program kerja berupa pembuatan telur pindang. Telur pindang yaitu telur yang diolah dengan cara direbus dengan menambahkan bahan-bahan yang mengandung tanin seperti daun jambu, teh dan kulit bawang merah. Telur ini memiliki keunggulan dibanding dengan telur rebus biasa yaitu memiliki motif seperti batik pada bagian luar putih telurnya. Selain itu pengolahan pada telur pindang juga berfungsi sebagai salah satu cara pengawetan pada telur. Mahasiswa juga membantu peternak dalam mempromosikan hasil produksi peternak secara online, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kontak antara peternak dan pembeli selama pandemi covid 19 dan memutus rantai penyebaran virus corona.

Dari pelaksanaan kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Andalas tersebut diharapkan dapat membantu peternak dalam mengembangkan peternakan sehingga sektor peternakan di Kota Solok dapat berkembang dengan lebih baik.(cps)

Tags: , , , , ,