Balitbang adakan Uji Coba Pengolahan Jamur menjadi Kaldu Alami bagi Petani Milenial

Balitbang adakan Uji Coba Pengolahan Jamur menjadi Kaldu Alami bagi Petani Milenial

Solok, (InfoPublikSolok) – Setelah dibuka secara resmi oleh Wali Kota Solok pada tanggal 30 Mei yang lalu, Kkegiatan Peningkatan Kapabilitas Petani Milenial melalui Pengembangan Komoditi Hasil Pertanian dan Perkebunan menjadi Produk Turunan dilanjutkan dengan uji coba pengolahan jamur menjadi penyedap rasa makanan atau kaldu alami.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pemanfaatan komoditi jamur yang juga merupakan rangkaian dari Kegiatan Peningkatan Kapabilitas Petani Milenial melalui Pengembangan Komoditi Hasil Pertanian dan Perkebunan menjadi Produk Turunan,” kata Kabid Pembangunan, Inovasi dan Teknologi, Balitbang Kota Solok, Desriyanti, ME dalam sambutannya ketika mengawali kegiatan di Aula Balitbang, Kamis (9/6).

Dalam kegiatan ini, petani milenial dilatih untuk mengolah langsung jamur tiram menjadi kaldu dengan menggunakan alat dan bahan yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Petani milenial juga diberikan pembekalan materi tentang teknologi pasca panen jamur tiram yang dilanjutkan teknologi pengolahan kaldu jamur tiram oleh nara sumber, Srimaryati, S.TP, M.TP, Peneliti Pertama dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP).

Antusias para peserta terlihat dari kesungguhan mengikuti proses pembuatan kaldu dari awal sampai akhir. Peserta pelaihan yang berjumlah 15 orang merupakan perwakilan dari masing-masing kecamatan. Dalam hal ini, Penyuluh Pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Tanjung Harapan dan Lubuk Sikarah turut serta menghadiri kegiatan pelatihan.

Pelatihan olahan komoditi jamur ini direncanakan akan dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan produk turunan yang berbeda-beda dan waktu yang ditentukan kemudian. (dh)

Tags: ,