Bangga Kencana untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyararakat

Bangga Kencana untuk Peningkatan Kualitas Hidup Masyararakat

Solok, (InfoPublikSolok) – Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dispenduk KB) Kota Solok Ardinal, melakukan kunjungan kerja dalam rangka ramah tamah ke Kampung KB Aur Sejahtera di Kelurahan Simpang Rumbio, Gudang Alat Kontrasepsi (Alokon) dan Balai Penyuluh KB Kota Solok, Rabu (10/06).

Kadis Penduk KB dalam kunjungannya didampingi oleh Kabid Keluarga Berencana Jufni, Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakkan Zurnelli, Kasi Pengendalian dan Pendistribusian Alkon Antoni Hidayat, dan Kasi Pembinaan dan Peningkatan Kesertaan ber-KB Wendi Asrizal beserta staf.

Ardinal menyampaikan Bangga Kencana sebagai program pemerintah pusat yang dicanangkan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo harus dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat terutama mereka yang berada didaerah miskin, padat penduduk kumuh, tertinggal dan terpencil salah satunya dengan pencanangan Kampung KB.

“Program Kampung KB harus didorong dengan berbagai program dan pembinaan secara langsung oleh penyuluh sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Kadis.

Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana yang dikenal dengan Bangga Kencana merupakan upaya mewujudkan keluarga berkualitas yang hidup dalam lingkungan yang sehat, melalui berbagai kelompok kegiatan di masyarakat, seperti BKB, bina keluarga remaja (BKR), Bina Keluarga Lanjut Usia (BKL), usaha ekonomi produktif (UPPKS) beranggotakan sekumpulan anggota keluarga yang saling berinteraksi dan konseling remaja/mahasiswa (PIK R/M)

Murnetis, Penyuluh KB penanggungjawab wilayah Kel. Simpang Rumbio pada kesempatan itu menjelaskan bagaimana kronologis terbentuknya Kampung KB Aur Sejahtera di Kelurahan Simpang Rumbio dan pojok-pojok yang ada di Kampung KB tersebut.

“Dengan adanya Program Kampung KB ini, sangat mendorong kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kelurahan ini. Kemajuan tersebut tidak lepas dari peran aktif masyarakat kampung itu sendiri serta pembinaan yang dilakukan oleh Penyuluh KB kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kunjungan ke Gudang Alokon, Antoni Hidayat selaku penanggungjawab Gudang Alokon menjelaskan bahwa persedian alat dan obat kontrasepsi yang berada di Gudang Alokon cukup untuk tahun 2020.

Ardinal menyampaikan harapannya agar kedepanya Program BKKBN dapat tercapai dengan baik. “Kunjungan ini dapat menjadikan acuan dan motivasi untuk menjadikan lebih baik lagi kedepanya dalam hal pembangunan dan peningkatan kualitas hidup masyararakat,” harapnya. (ez)

Tags: , , , , , ,