Bangkitkan Pasar UMKM, Pemko Solok Perkenalkan Aplikasi ‘Manjua’ serta Gelar Sosialisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

Bangkitkan Pasar UMKM, Pemko Solok Perkenalkan Aplikasi ‘Manjua’ serta Gelar Sosialisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri

Solok, (InfoPublikSolok) – Dalam rangka membangkitkan kembali geliat perekonomian dan memajukan pasar UMKM, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) dan UMKM Kota Solok menggelar sosialisasi peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN), yang berlangsung di Gedung Kubuang Tigo Baleh, Rabu (1/12). Dalam kegiatan ini sekaligus juga dilakukan launching aplikasi e-UMKM ‘Manjua’ yang telah difasilitasi oleh Diskominfo.

Acara ini turut dihadiri oleh Wali Kota Solok, H. Zul Elfian Umar, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Ny. Zulmiyetti Zul Elfian, Ketua GOW Kota Solok Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra, Ketua LKAAM, unsur Forkopimda serta perangkat OPD di lingkungan pemerintah kota solok.

Puluhan pelaku UMKM yang hadir dan para tamu undangan mendapat sosialiasi mengenai peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan peningkatan daya saing produk lokal yang disampaikan oleh narasumber yaitu Kepala Bidang Perdagangan, Koperindag Sumbar, Ridonald, SE, M.Si dan Andrean Alberto, S.Pi, M.Si selaku owner Rendang Nan Taraso serta dilanjutkan dengan memperkenalkan aplikasi e-UMKM berbasis android yang dirancang guna memasarkan produk UMKM Kota Solok secara online dan terintegrasi, dimana beberapa UMKM telah mendaftarkan produk mereka di aplikasi ini.

Sosialisasi ini dinilai dapat membangkitkan kembali usaha bagi para pelaku industri daerah yang terkena dampak pandemi Covid-19 karena hampir ratusan keluhan masuk ke koperasi dari pelaku UMKM atas dampak pandemi. Untuk itu perlunya upaya peningkatan produk dalam negeri ini.

“UMKM Kota Solok tidak kalah dengan UMKM daerah lain ataupun produk impor dari luar negeri, sebagai warga kota solok pentingnya kesadaran cinta produk dalam negeri untuk mengurangi ketergantungan kepada produk impor, dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri, jadi mari bersama-sama kita sukseskan dan belilah produk dalam negeri,” tutur Wako dalam kata sambutannya

Tidak hanya itu para pelaku UMKM mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk mereka kepada para tamu undangan yang hadir. Tak ketinggalan juga ada sesi peragaan busana yang menampilkan sejumlah karya desain batik khas Solok hasil tangan dingin dari designer lokal Kota Solok turut memeriahkan.

Acara diakhiri dengan sesi “Manjua” produk-produk dari UMKM Kota Solok yang dipandu langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Zulmiyetti Zul Elfian dan Ketua GOW Kota Solok Ny. Dona Ramadhani Kirana Putra. (eg/rif)

Penulis : Rafika Indriani Fajrin
Redaktur : Benq Esperanza

Tags: , , , , , ,